31 C
Kudus
Jumat, Juli 12, 2024

Caleg Terpilih DPRD Jepara Wajib Segera Laporkan LHKPN

BETANEWS.ID, JEPARA – Calon Anggota Legislatif (Caleg) terpilih DPRD Kabupaten Jepara wajib melaporkan tanda terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara.

Haris Budiawan, Komisioner KPU Kabupaten Jepara menjelaskan berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) RI Nomor 6 Tahun 2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) wajib melaporkan LHKPN kepada pihak berwenang maksimal 21 hari sebelum pelantikan.

Baca Juga: Pj Bupati Jepara Jenguk Korban Minibus yang Terguling, Begini Kondisinya

-Advertisement-

Untuk pelantikan Caleg terpilih DPRD Jepara, Haris menyebut akan dilakukan pada tanggal 13 Agustus 2024. Maka seluruh Caleg terpilih DPRD Jepara wajib menyetorkan LHKPN sebelum tanggal 22 Juli 2024.

“Hingga per hari ini baru ada 28 Caleg yang sudah menyetorkan LHKPN. Semuanya merupakan Caleg petahana,” katanya saat ditemui di Kantor KPU Kabupaten Jepara, Kamis (20/6/2024).

28 Caleg tersebut yaitu lima orang dari PKB, dua orang dari Partai Gerindra, empat orang dari Golkar, tiga orang dari NasDem, dua orang dari PKS, satu orang dari PAN, satu orang dari Demokrat, lima orang dari PDIP dan lima orang dari PPP.

“Kami masih menunggu dari Caleg terpilih lainnya, yang sudah mengumpulkan rata-rata Incumbent karena LHKPN sudah diproses sejak bulan Maret lalu,” jelasnya.

Sedangkan bagi Caleg pendatang baru, ia menyebut saat ini masih menunggu proses verifikasi pelaporan LHKPN dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sehingga tanda terimanya belum muncul.

Ia mengatakan bagi Caleg terpilih jika sampai tenggat waktu yang sudah ditetapkan belum mengirimkan tanda terima LHKPN maka akan mendapat sanksi.

Baca Juga: Puluhan Baliho Bakal Calon Gubernur Jateng Diturunkan Paksa Satpol PP Jepara

“Konsekuensinya kalau tidak mengirim tanda terima tidak bisa ikut pelantikan,” katanya.

Untuk itu ia sudah melakukan komunikasi kepada Liaison Officer (LO) partai politik agar mengingatkan Caleg terpilih agar segera memproses LHKPN.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER