31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

ASN Jepara Wajib Setorkan 2,5 Persen Gajinya Melalui Baznas untuk Zakat

BETANEWS.ID, JEPARA – Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta kembali mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jepara untuk menyalurkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Kewajiban tersebut tertuang dalam instruksi bupati nomor 451.1.2/1 Tahun 2024 yang mengamanatkan pembayaran zakat bagi semua ASN muslim di Jepara. Besarannya adalah 2,5 persen dari seluruh pendapatannya, termasuk tunjangan, THR, dan gaji ke-13.

Baca Juga: Mie Gacoan Akhirnya Buka di Jepara, Mau Coba?

-Advertisement-

Dengan menyalurkan zakat melalui Baznas menurutnya akan mendukung transparansi dan akuntabilitas serta memastikan bahwa zakat yang terkumpul disalurkan tepat sasaran.

“Saya sudah buat surat edaran, ASN muslim wajib memberikan zakatnya. Saya perintahkan mereka diingatkan terus, kalau perlu ditagih,” katanya di Aula Sultan Hadlirin, Gedung OPD Bersama, Selasa (11/6/2024).

Dengan membayarkan zakat menurutnya dapat mengurangi kesenjangan ekonomi dan memberdayakan masyarakat kurang mampu. Sehingga ia menegaskan bahwa zakat bukan hanya kewajiban agama, tapi juga bentuk tanggung jawab sosial.

“Karena berzakat untuk membersihkan harta yang kita punya. Sekaligus untuk memberikan kesamaan penghidupan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu melalui zakat para ASN, program-program Baznas juga bisa menjangkau lebih banyak mustahik (penerima zakat). Meliputi program Jepara Pintar, Jepara Sehat, Jepara Peduli, Jepara Makmur, dan program Jepara Takwa.

Baca Juga: Jepara Darurat Pernikahan Dini, Sampai Mei Sudah Ada 198 Kasus

Sehingga ia berharap kedepan, kesadaran dan partisipasi ASN muslim dalam berzakat semakin meningkat, sehingga tujuan untuk menciptakan kesejahteraan sosial dapat tercapai.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan berupa beasiswa bagi 210 siswa SD dan MI dengan total Rp52,5 juta yang disalurkan melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) dan Kementrian Agama (Kemenag) Jepara. Kemudian juga bantuan bagi 108 anak berkebutuhan khusus senilai Rp14.920.000, serta bantuan Produktif ODHD sejumlah lima penerima.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER