31 C
Kudus
Sabtu, Juli 13, 2024

385 Kades di Pati Diperpanjang Masa Jabatannya Sampai 8 Tahun

BETANEWS.ID, PATI – Sebanyak 385 kepala desa (kades) di Kabupaten Pati mendapatkan perpanjangan masa jabatan hingga dua tahun. Yakni, jabatan kepala desa yang semula hanya 6 tahun, kini menjadi 8 tahun.

Perpanjangan jabatan kades ini dilakukan setelah setelah DPR RI dan pemerintah sepakat mengesahkan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Baca Juga: Kapolda Upayakan Penamaan yang Aneh-aneh Wilayah Sukolilo di Google Maps Akan Diganti

-Advertisement-

Salah satu isi dalam undang-undang tersebut adalah, masa jabatan kades yang semula 6 tahun berubah menjadi 8 tahun dengan dua periode.

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro mengingatkan, dengan perpanjangan masa jabatan menjadi 8 tahun, diharapkan bisa meningkatkan motivasi dan kinerja kepala desa.

“Amanah yang makin panjang, mudah-mudahan kades di wilayahnya bisa memberikan yang terbaik bagi warganya, dapat meningkatkan pelayanan, ” ujar Henggar, Kamis (20/6/2024).

Sementara itu, perpanjangan masa jabatan kades itu merupakan tindak lanjut Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024. Berdasarkan UU tersebut, masa jabatan kades bertambah 2 tahun menjadi 8 tahun.

“Ini ‘kan menindaklanjuti perintah Undang-Undang Nomor 3 tahun 2024. Pak Bupati menindaklanjuti. Sehingga kepala desa yang akan berakhir di tahun 2025 ditambah 2 tahun kemudian yang berakhir 2026 ditambah 2 tahun,” ungkapnya.

Ia menyebut, ada beberapa kepala desa yang tidak ikut dalam penyerahan SK perpanjangan masa jabatan dikarenakan meninggal dunia dan mengundurkan diri.

“Sedangkan yang 16 desa itu di antaranya ada kepala desa yang meninggal dunia. Kemudian 3 kepala desa mengundurkan diri karena ikut proses pencalegan dewan. Sehingga ada 3 yang mengundurkan diri,” jelasnya.

Baca Juga: Polda Jateng Gandeng Tiga Saksi Ahli Terkait Video Teyeng Wakatobi ‘Sukolilo Bos’

Sementara itu, Ketua Paguyuban Solidaritas Kepala Desa dan Perangkat Desa Kabupaten Pati (Pasopati), Pandoyo, berharap kepada para kades yang telah menerima SK perpanjangan masa jabatan agar lebih memaksimalkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

“Kami teman-teman kepala desa dapat mengejawantahkan visi misinya lewat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) agar nanti bisa memberikan pelayanan yang maksimal dalam rangka melaksanakan pemerintahan pelayanan masyarakat serta menjaga adat dan istiadat yang ada,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER