31 C
Kudus
Kamis, Juli 18, 2024

Kapolda Upayakan Penamaan yang Aneh-aneh Wilayah Sukolilo di Google Maps Akan Diganti

BETANEWS.ID, PATI – Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan, bahwa pihaknya akan berupaya untuk mengganti nama-nama aneh di Google Maps untuk wilayah Sukolilo. Sebab, imbas dari peristiwa pengeroyokan di Sumber soko, Kecamatan Sukolilo, Pati, yang menyebabkan pemilik rental mobil asal Jakarta meninggal dunia.

“Nanti akan kita upayakan diganti,” ujar Kapolda saat melakukan penyuluhan hukum di Gedung PGRI Sukolilo, Kamis (20/6/2024).

Baca Juga: Polda Jateng Gandeng Tiga Saksi Ahli Terkait Video Teyeng Wakatobi ‘Sukolilo Bos’

-Advertisement-

Ia pun memastikan, nantinya tidak ada lagi Kampung Sukolilo yang aneh aneh lagi.

“Di sukolilo setelah kami cek dan ricek dengan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, perwakilan masyarakat, masih banyak masyarakat kita yang taat hukum. Dan banyak yang tidak melanggar hukum,” imbuhnya.

Sehingga katanya, tidak bisa digeneralisasi terkait kejadian di Sumbersoko- sama rata. “Ini bisa saya pastikan, temasuk di maps itu kita upayakan diganti, sehingga masrakat bangga dengan masyarakat ktnya sendiri. Darapiada dicap seperti ini, ” ucapnya.

Kapolda juga menyebut, bahwa hal itu merupakan peringatan darinya, supaya masyarakat tidak main hakim sendiri.

Menurutnya, tidak ada masyarakat siapapun yang bisa memainkan hukum dengan sendirinya. Artinya tidak boleh ada komponen masyarakat yang lain melakukan tindakan hukum, menghukum, dan lain sebagainya tanpa proses hukum itu sendiri.

Untuk diketahui, wilayah Kecamatan Sukolio, Kabupaten Pati, dalam sepekan terakhir ini berubah nama menjadi Kampung Penadah Kendaraan pada Google Maps. Bahkan terlihat perubahan nama wilayah di peta Sukolilo pada Google Maps itu tidak hanya di satu titik.

Beberapa titik yang berada di Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati berubah menjadi nama-nama yang berkonotasi negatif pada Google Maps seperti Penadah Kendaraan, penadah kendaraan rental, beban negara hingga penadah mobil profesional dan masih banyak lagi.

Adapun alasan terkait perubahan nama dan tagging yang disematkan pada Google Maps untuk wilayah Sukolilo, Pati tersebut, tak lepas dengan kasus pengeroyokan bos rental mobil asal Jakarta hingga tewas yang terjadi pada Kamis (6/6/2024).

Baca Juga: Jemaah Haji Asal Pati Sempat Ada yang Dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi, Begini Kondisinya

Kejadian tersebut terjadi tepatnya di Desa Sumbersoko, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati.

Perubahan nama untuk wilayah tempat kejadian tersebut terpantau sudah berkurang. Namun masih ada beberapa titik yang dinamai dengan penadah curanmor dan showroom dan tanah para bandit.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER