31 C
Kudus
Kamis, Juli 18, 2024

Polda Jateng Gandeng Tiga Saksi Ahli Terkait Video Teyeng Wakatobi ‘Sukolilo Bos’

BETANEWS.ID, PATI – Tim Cyber Polda Jawa Tengah melakukan pemeriksaaan terhadap selebgram asal Sukilo Teyeng Wakatobi terkait video viralnya “Sukolilo Bos”. Konten itu berkaitan dengan pengeroyokan pemilik rental mobil asal Jakarta.

Teyeng Wakatobi dalam video yang dibuatnya terlihat berada di depan mobil yang hangus terbakar di lokasi kejadian.

Baca Juga: Gegara ‘Tagging’ Sukolilo di Google Maps, Diskominfo Pati jadi Super Sibuk

-Advertisement-

Dalam videonya tersebut, Teyeng berkata seolah mewajarkan peristiwa pengeroyokan yang merenggut nyawa bos rental mobil dan melukai tiga lainnya.

“Kita kasih paham buat yang kurang paham. Kita hajar buat orang yang kurang hajar.”

“Sukolilo bos, jangan main-main di sini, kheeek,” ujar Teyeng dalam video.

Setelah video tersebut ramai di berbagai media sosial, akhirnya Teyeng Wakatobi membuat konten video klarifikasi. Teyeng juga menyampaikan permintaan maaf.

“Saya Teyeng Wakatobi, dengan ini saya meminta maaf sebesar-besarnya kepada seluruh warga Indonesia dan juga warga Desa Sukolilo. Tidak lupa dengan rekan-rekan rental mobil se-Jawa Tengah dan Indonesia Raya, atas perbuatan konten saya kemarin yang telah membuat ramai dan gaduh di sosial media,” ujar Teyeng.

Teyeng mengaku membuat konten berlatar belakang lokasi kejadian hanya untuk menambah jumlah penonton di akun media sosial miliknya. Teyeng mengaku tidak terlibat dalam kejadian nahas yang menewaskan bos rental berinisial BH dan melukai tiga rekannya tersebut. Dia menjelaskan tiba di lokasi setelah selesai kejadian pengeroyokan dan pembakaran mobil oleh massa.

“Saya membuat konten hanya untuk viewer dan upload TikTok saya. Saya membuat konten setelah korban sudah dibawa ke IGD Kayen. Di konten tersebut, saya tidak ikut serta dalam pengeroyokan korban dan pembakaran unit mobil tersebut,” jelas Teyeng.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu mengatakan, pihaknya telah menggali keterangan dari Teyeng Wakatobi. Pria yang memiliki nama asli Bagas Kurniawan itu, diperiksa terkait kasus dugaan ujaran kebencian.

“Terkait video viral yang dilakukan oleh selebgram BK atau TW yang diduga mengandung unsur ujaran kebencian Undang-Undang ITE, kemudian Polresta pati melakukan upaya-upaya penyelidikan,” ujar Satake.

Upaya pertama yang dilakukan polisi, katanya, memintai keterangan kepada yang bersangkutan untuk mengklarifikasi terkait video yang sudah dibuat. Termasuk katanya, yang merekam video tersebut juga dimintai keterangan.

Meskipun katanya, yang bersangkutan atau Teyeng Wakatobi, telah membuat video permohonan maaf.

Selain melakukan klarifikasi, polisi juga menggandeng beberapa tim ahli untuk memperjelas kasus dugaan ujaran kekerasan di konten Teyeng Wakatobi yang dinilai melanggar UU ITE.

Baca Juga: Lebih Sepekan Wilayah Sukolilo Berubah jadi ‘Aneh-aneh’ di Google Maps, Diskominfo Buka Suara

“Kemudian, yang kedua kita akan berkoordinasi dengan saksi ahli yaitu saksi ahli antropologi, saksi ahli bahasa dan juga saksi ahli pidana, terkait dengan Undang-Undang ITE,” ungkapnya.

Setelah itu, katanya, pihaknya akan melakukan gelar perkara dengan tim Cyber Polda Jawa Tengah terkait kasus tersebut.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER