31 C
Kudus
Selasa, Juli 16, 2024

Lebih Sepekan Wilayah Sukolilo Berubah jadi ‘Aneh-aneh’ di Google Maps, Diskominfo Buka Suara

BETANEWS.ID, PATI – Wilayah Kecamatan Sukolio, Kabupaten Pati, dalam sepekan terakhir ini berubah nama menjadi Kampung Penadah Kendaraan pada Google Maps. Bahkan terlihat perubahan nama wilayah di peta Sukolilo pada Google Maps itu tidak hanya di satu titik.

Beberapa titik yang berada di Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati berubah menjadi nama-nama yang berkonotasi negatif pada Google Maps seperti Penadah Kendaraan, penadah kendaraan rental, beban negara hingga penadah mobil profesional dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Melihat Musala Unik di Trangkil Pati yang Bangunannya Menyerupai Ka’bah

-Advertisement-

Adapun alasan terkait perubahan nama dan tagging yang disematkan pada Google Maps untuk wilayah Sukolilo, Pati tersebut, tak lepas dengan kasus pengeroyokan bos rental mobil asal Jakarta hingga tewas yang terjadi pada Kamis, 6 Juni 2024.

Kejadian tersebut terjadi tepatnya di Desa Sumbersoko, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati.

Perubahan nama untuk wilayah tempat kejadian tersebut terpantau sudah berkurang, terlihat saat betanews.id menelusurinya di Google Maps pada Rabu (19/6/2024).

Tagging dan penamaan kampung maling sudah menghilang, namun masih ada beberapa titik yang dinamai dengan penadah curanmor dan showroom dan tanah para bandit.

Tentunya hal tersebut membuat nama Sukolilo, Pat menjadi buruk. Terkait hal itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pati, Ratri Wijayanto pun buka suara.

Ratri mengatakan, terkait dengan Google Maps bukan menjadi kendali Diskominfo Kabupaten Pati. Karena platform tersebut menjadi kendali dari google. 

“Kami tekankan bahwa platform google maps tidak berada di bawah kendali Diskominto, Google Maps itu dimiliki oleh Google,” ujar Ratri, Rabu (19/6/2024). 

Meski demikian, kata dia, Diskominto Pati melakukan langkah untuk mengantisipasi penamaan tag lokasi di Sumbersuko yang cenderung negatif.

Baca Juga: Polisi Kembali Bekuk 6 Terduga Pelaku Pengeroyokan di Sukolilo, 5 di Antaranya Warga Tompegunung

Dia mengakui upaya tersebut belum maksimal. Karena setelah mengganti tag lokasi, ternyata selang beberapa jam diubah lagi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

“Sehingga sekali lagi dalam hal untuk melakukan langkah-langkah terkait dengan hal penamaan lokasi yang ada di bagian wilayah Sukolilo dengan penamaan kurang sepantasnya kami juga menggunakan fitur yang ada di Google Maps tersebut, itu salah satu upaya kami walaupun dengan saat ini belum berdampak signifikan terhadap penamaan lokasi yang ada di Sukolilo,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER