31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Melihat Musala Unik di Trangkil Pati yang Bangunannya Menyerupai Ka’bah

BETANEWS.ID, PATI – Sebuah bangunan menyerupai Ka’bah berdiri kokoh di tengah perkampungan Desa Trangkil, Kecamatan Trangkil, Pati. Bila diperhatikan secara saksama, bangunan berbentuk kubus itu ternyata sebuah musala.

Musala yang diberi nama Nur Ihsan itu terletak di pinggir jalan. Setiap warga yang melintas pasti akan melihat dan tak sedikit yang berhenti untuk melihat bangunan tersebut.

Musala berbentuk ka’bah itu belum sepenuhnya selesai. Meski demikian, pemilik musala mempersilakan warga umum untuk menggunakannya sebagai tempat ibadah.

-Advertisement-

Baca juga: Viral Masjid di Mulyoharjo Jepara, Bangunannya Menyerupai Ka’bah

Takmir Musala Nur Ihsan, Aris Solikin (42), mengatakan, awal mula mendirikan musala tersebut karena merupakan arahan dari Kiai Muhammad Ibrohim Al-Majid, Pengasuh Pondok Pesantren Nur Ihsan Desa Pranti, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang.

Kata dia, jika santri-santrinya nanti mewakafkan tanahnya untuk pembangunan musala, maka diminta untuk membuat musala yang berbentuk ka’bah.

“Jadi sebetulnya tempat ini cabang dari Yayasan Nur Ihsan Rembang. Oleh Pak Kiai, santri-santri beliau yang mewakafkan tanah disuruh membangun musala berbentuk Ka’bah,” ujar Aris yang yang juga wakif itu.

Menurutnya, musala berbentuk ka’bah itu berbeda dengan yang lain. Musala ini juga menjadi daya tarik warga sekitar untuk menjalankan ibadah atau sekadar foto dari depan.

Aris mengatakan, biaya pembangunan musala merupakan donasi dari warga sekitar. Pembangunan musala mulai Januari 2024 lalu. Aris masih membuka donasi bagi warga yang ingin menyumbang ke musalanya tersebut, karena beberapa bagian ruangan juga belum dilengkapi seperti AC hingga alat penyedot udara.

Baca juga: Masjid Datuk Ampel, Saksi Dakwah Islam di Desa Troso Jepara

“Ini dana sumbangan. Habis anggaran kurang lebih total Rp100 juta, belum semuanya. Karena saat ini pagar belum jadi, terus AC, untuk penyedot udara,” ungkapnya.

Musala berbentuk ka’bah ini, katanya, sebagai simbol untuk mengingat Allah. Selain itu, sebagai harapan agar kelak bisa terwujud ke ka’bah yang ada di Makkah.

“Ibaratnya, mendirikan ini kan semoga kita ingat pada Allah dan bisa ke Baitullah,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER