31 C
Kudus
Senin, Mei 20, 2024

UMK Mewisuda 914 Mahasiswa, Ini Pesan Rektor pada Wisudawan

BETANEWS.ID, KUDUS – Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar wisuda yang ke-72 di Gedung Auditorium UMK, Selasa-Rabu (14-15/5/2024). Wisuda kali ini diikuti 914 mahasiswa yang terdiri dari 825 wisudawan sarjana (S1) dan 90 wisudawan pascasarjana (S2). Untuk Selasa (14/5/2024) diikuti 442 wisudawan dan Rabu (15/5/2024) diikuti 473 wisudawan.

Ketua Senat sekaligus Rektor UMK, Darsono, mengatakan, wisuda ini memang digelar dua hari karena auditorium yang tak memungkinkan menampung seluruh wisudawan. Karena hitungannya jumlah wisudawan tersebut harus ditambah dengan kedua orang tuanya.

“Hari pertama yang diwisuda adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kemudian Fakultas Hukum dan Fakultas Pertanian. Sementara besok adalah Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), serta Fakultas Psikologi,” rinci Darsono.

Baca juga: Keren! 63 Persen Lulusan UMK Disebut Jadi Wirausaha

Darsono mengatakan, sebagai rektor dan sebagai dosen tentu memiliki harapan sangat besar kepada para wisudawan untuk tetap memegang nilai-nilai jati diri UMK, yakni dignity, quality dan intergrity, yang artinya kemartabatan, berkualitas, dan berintegritas.

“Karena saat ini, nilai-nilai itu jadi hal yang penting, di luar teknikal sukses yang dicapai seseorang. Bahkan nilai ini terutama yang dignity itu sangat diapresiasi oleh Habibie Center saat kami presentasi di Jakarta,” bebernya.

Menurutnya, Habibie Center baru menemukan di UMK yang menerapkan pentingnya kemartabatan (dignity). Sebab, saat ini banyak lembaga pendidikan yang terjebak pada teknis keilmuan dan teknis kepraktikkan.

“Sedangkan mengenai karakter, kemartabatan itu agak dilupakan. Sementara di UMK hal itu dijadikan nilai-nilai utama dalam menempuh pendidikan,” jelasnya.

Baca juga: Kampus Darling, Program Djarum Foundation Bersama Perguruan Tinggi untuk Hijaukan Bumi

Dia pun berharap, ketiga nilai jati diri UMK tersebut bisa diakulturasi (jadi budaya) dan kemudian dihabituasi (penyesuaian) oleh para wisudawan. Sehingga nilai-nilai luhur tersebut bisa jadi bekal untuk berbakti di tengah-tengah masyarakat.

-Advertisement-

“Kami berharap para wisudawan bisa membawa nilai-nilai UMK itu ketika beraktivitas di tengah-tengah masyarakat.  Tentunya, nantinya akan terbuktikan, bakti para wisudawan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

spot_imgspot_imgspot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER