31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Kampus Darling, Program Djarum Foundation Bersama Perguruan Tinggi untuk Hijaukan Bumi 

BETANEWS.ID, KUDUS – Universitas Muria Kudus (UMK) bersama Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) menggelar aksi menanam 200 bibit pohon dengan tajuk “Giat UMK, Lestarikan Bumi” di Dukuh Bae Bendo, Kecamatan Bae, Kamis (29/2/2024). Kegiatan ini melibatkan 200 mahasiswa dan civitas UMK untuk menanam pohon durian, sawo, mangga, alpukat, dan kelengkeng.  

Sejak 2022, BLDF telah mengadakan kolaborasi bersama beberapa perguruan tinggi di Jawa Tengah dan Jawa Barat yang disebut Kampus Darling. Gerakan tersebut selalu disambut baik oleh universitas untuk mendorong dan meningkatkan kepedulian generasi muda, khususnya mahasiswa terhadap kelestarian lingkungan. 

UMK dan Bakti Lingkungan Djarum Foundation menanam bibit pohon di Dukuh Bae Bendo, Kecamatan Bae, Kamis (29/2/2024). Foto: Rabu Sipan

Wakil Rektor III UMK Bidang Kemahasiswaan, Sugeng Selamet, menyampaikan, gerakan penanaman pohon ini sebagai upaya penyelamatan alam, karena dampak perubahan iklim sudah semakin mengkhawatirkan.

-Advertisement-

Baca juga: Djarum Foundation Hijaukan 567 Hektare Bukit Patiyam Hanya dalam 4 Tahun 

“Tugas kita untuk menanam dan merawat pohon menjadi semakin mendesak. Melalui setiap pohon yang ditanam, kita memberikan kontribusi tak ternilai dalam memperbaiki kualitas lingkungan hidup,” ujar Sugeng. 

Maka dari itu, lanjutnya, melihat misi kegiatan BLDF yang selaras dengan yang ingin dicapai oleh UMK, sehingga terjalin kerja sama yang bermanfaat untuk lingkungan.  

“Kerja sama ini mengajak peran generasi muda dalam berkontribusi untuk kegiatan peduli lingkungan,” tutur Sugeng.  

Sugeng juga berpesan, setiap hari hendaknya sebagai individu mampu berkontribusi dalam mempertahakan keberlangsungan hidup di bumi, di antaranya dengan menanam pohon. Tidak perlu merasa kontribusi yang dilakukan itu kecil, sebab jika dilakukan bersama-sama dengan konsisten maka perubahan yang besar akan tercipta. 

“Saya mengajak para mahasiswa untuk bergandengan tangan, memperkuat komitmen dalam menanam pohon, sehingga dapat mewujudkan mimpi akan bumi yang hijau dan sejuk,” ajak Sugeng.

Baca juga: Selamatkan Lingkungan dari Krisis Iklim, Djarum Foundation Tanam Jutaan Pohon

Program Director BLDF, Bambang Haryanto, menambahkan, pemilihan bibit pohon itu diharapkan dapat dirasakan nikmatnya oleh masyarakat sekitar. Menurutnya, kegiatan menanam pohon bersama mahasiswa itu merupakan upayanya dalam mengajak generasi muda untuk berkomitmen bersama menjaga bumi. 

“Kita harus berkolaborasi dengan semua dan membuat perubahan yang lebih besar untuk lingkungan. Melalui kegiatan Kampus Darling, kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan UMK. Kami berharap, kolaborasi ini bisa berlanjut dan pohon yang telah ditanam bukan sekadar peneduh. Namun, berkontribusi positif terhadap keberlanjutan ekosistem lingkungan, khususnya di Kabupaten Kudus. Tahun ini, kami juga berencana untuk menyelenggarakan kegiatan ini di enam kampus lainnya,” ujar Bambang. 

Melalui kegiatan Kampus Darling, BLDF juga ingin menjaga konsistensi dengan menyediakan wadah bagi generasi muda untuk berkontribusi dalam menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan. Harapannya, kegiatan Kampus Darling yang telah dilakukan di beberapa universitas termasuk UMK ini dapat menghasilkan efek riak (ripple effect) lewat tertularnya kebiasaan baik menanam pohon oleh universitas lainnya di Indonesia. 

Editor: Ahmad Muhlisin 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER