31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Keren! 63 Persen Lulusan UMK Disebut Jadi Wirausaha

BETANEWS.ID, KUDUS – Rektor Universitas Muria Kudus (Umk), Darsono menyebut mahasiswa lulusan UMK mayoritas memilih jadi wirausaha. Menurutnya, jumlah persentase alumni UMK yang jadi wirausaha lebih dari 63 persen.

Darsono mengatakan, tiap tahun UMK melakukan pendataan terhadap para alumninya. Hasilnya, mayoritas alumni UMK tidak sebagai job seeker maupun pekerja, tapi jadi wirausaha.

“Hasil tracking, sebanyak 63 persen lulusan UMK itu jadi wirausaha. Dan menurut kami itu merupakan hasil atau tren yang baik,” ujar Darsono usai pembukaan Job Fair UMK 2023, Senin (27/11/2023).

-Advertisement-

Baca juga: Ribuan Pencari Kerja Padati Job Fair UMK 2023, Didominasi Fresh Graduate

Tujuan besar dari sebuah pendidikan, kata Darsono, adalah mampu menciptakan bekal kemandirian para mahasiswanya. Agar ketika lulus, mereka mampu berwirausaha sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

“Sebanyak 63 persen lulusan UMK jadi wirausaha, berarti pendidikan kami sudah on the track. Tentu di antara lulusan UMK juga ada yang mencari kerja, maka tiap tahun kami selenggarakan job fair,” bebernya.

Menurut data dari Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Kudus, lanjut Darsono, mayoritas guru yang ada di Kota Kretek adalah lulusan UMK. Artinya dalam lingkup Kudus, lulusan dari progran studi (Prodi) UMK masih sangat diminati.

“Mulai jenjang pendidikan SD, SMP maupun SMA sederajat di Kudus ini, sebagian besar gurunya adalah lulusan dari UMK,” ungkapnya.

Baca juga: Gara-Gara Belum Punya Guru Besar, Akreditasi UMK Terhambat

Lebih lanjut Darsono mengungkapkan, prospek lulusan UMK di bidang pekerjaan sangat bagus. Selain guru, mayoritas pegawai di Kabupaten Kudus juga merupakan lulusan dari UMK.

“Oleh karena itu ada beberapa instansi yang merekomendasikan para pegawainya yang ingin lanjut S2 agar di UMK saja,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER