31 C
Kudus
Selasa, Juni 25, 2024

PKL Berontak Karena Tak Dibolehkan Jualan di Alun-Alun Pati

BETANEWS.ID, PATI – Puluhan pedagang kaki lima (PKL) eks Alun-Alun Simpang Lima Pati menggelar aksi di depan Kantor Bupati Pati, Senin (27/2024). Dalam aksinya, pedagang membawa gerobak dan menjajakan dagangannya. Selain itu, sebagai bentuk protes, pedagang juga memasang spanduk di alun-alun.

Para petugas Satuan Polisi Pomong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati juga tak seperti biasanya yang langsung membubarkan. Mereka membiarkan para pedagang berjualan karena tak kuasa untuk mencegah dan melarang aksi ini.

Koordinator aksi, Sapari, menjelaskan, pihaknya terpaksa menggelar aksi untuk meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati kembali membolehkan jualan di alun-alun. Pihaknya menilai, larangan itu merugikan para pedagang.

-Advertisement-

Baca juga: Sejumlah Wilayah di Kabupaten Pati Mulai Dilanda Kekeringan

”Kami meminta hak kita untuk berjualan di Alun-alun Simpang 5 Pati,” tegasnya.

Menurutnya, omzet jualan PKL saat ini menurun drastis daripada saat berjualan di jantung Kota Pati itu. Solusi Pemkab Pati yang mencoba merelokasi ke sejumlah tempat tidak berjalan dengan baik.

”Dulu direlokasi pun tidak membantu perekonomian kita. Bukannya bertambah malah semakin terpuruk,” ungkapnya.

Usai ada Perda Kabupaten Pati Nomor 13 Tahun 2014 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL dan renovasi Alun-Alun Pati, para PKL memang dilarang berjualan di sana. Sebab, Alun-Alun Pati dan Jalan Panglima Sudirman masuk dalam zona merah bagi PKL.

Mereka kemudian direlokasi ke belakang GOR Pesantenan. Namun, penjualan tak kunjung membaik seperti sebelumnya. Mereka kemudian pindah lagi ke Alun-Alun Kembang Joyo, tetapi pendapatannya juga tak jauh berbeda.

Baca juga: RSUD Pati Kini Sudah Miliki Tiga Ruangan Standar KRIS

Hal ini membuat beberapa pedagang eks Simpang Lima Pati beberapa kali nekat berdagang di Alun-Alun Pati. Mereka kucing-kuciangan dengan Satpol PP, hingga akhirnya menggelar aksi tersebut.

”Kami juga iri, kenapa yang diterbitkan di alun-alun saja? Tapi di sepanjang Jalan Panglima Sudirman tidak. Tuntutan kita bisa berjualan di sini,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER