31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Nekat Rintis Usaha Jahit, Nandung: Apapun Bisa Dilakukan Jika Ada Kemauan Belajar’

BETANEWS.ID, KUDUS – Kontainer berwarna merah dengan banner bertulis Permak Jeans Pak Nandung terlihat di tepi Jalan Dusun Pendem Kulon, Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Tampak seorang laki-laki tengah duduk di dalamnya sembari melayani pelanggan yang datang.

Pria bernama Sukarno (62) itu tampak telaten menjahit pakaian sambil sesekali bercengkerama dengan pelanggannya. Dengan modal dua mesin jahit, dirinya terkadang juga dibantu oleh sang anak.

 Nandung sudah terjun di dunia menjahit sejak usia muda. Meski dulunya lebih fokus menjahit tas, saat ini dirinya mampu menerima segala bentuk permintaan pelanggan.

-Advertisement-

Baca juga: Kena PHK Tak Buat Iwan Ambruk, Dia Kini Justru Sukses Jualan Pukis  

Dirinya mengatakan, saat pandemi banyak usaha-usaha yang berhenti memproduksi barang lantaran susah dalam melakukan penjualan. Dari situ Nandung sering berganti-ganti bos, tapi hampir semua usaha mengalami hal yang sama, yakni penjualan yang sepi.

“Wah, pas korona 2019-2020an itu hampir merata usaha-usaha pada berhenti. Produksi lancar tapi buangnya bingung ke mana, akhirnya pas Ramadan walaupun katanya nggak boleh mudik tapi saya tetap maksa mudik ke Kudus. Dan Alhamdulillah sampai dengan aman,” ungkap warga Desa Loram Kulon itu, Sabtu (04/05/2024).

Setelah pulang kampung, Nandung kemudian mencoba untuk membuka usaha permak jeans meskipun sebelumnya dia tak pernah menjahit pakaian. Namun, dirinya memiliki prinsip apapun bisa dilakukan jika ada kemauan untuk belajar.

Baca juga: Kisah Kesuksesan Arifin Rintis Usaha Servis Komputer Bermodal Rp160 Ribu  

“Akhirnya coba buka permak jeans tapi keliling pakai motor gitu. Sempat ada perasaan malu karena, kan, biasanya rantau. Jadi pas buka usaha di kampung halaman kayak aneh saja,” ucapnya.

“Sampai akhirnya mutusin buat buka di tempat aja tapi di pinggir jalan biar ramai. Di kios Pasar Doro ini sudah dua tahunan sejak 2022. Biasanya dibantu anak juga, anak saya selalu bilang nantinya akan meneruskan perjuangan saya buka usaha ini,” ungkapnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER