31 C
Kudus
Senin, Mei 20, 2024

Miris Lihat Kekejaman Israel, Umku Serukan Kemerdekaan Palestina

BETANEWS.ID, KUDUS – Ratusan mahasiswa dan civitas Universitas Muhammadiyah Kudus (Umku) melakukan aksi bela Palestina, Selasa (7/5/2024). Mereka melalukan aksi damai dengan mengibarkan bendera palestina membentangkan berbagai spanduk di halaman Umku yang berada di Kelurahan Purwosari, Kecamata/Kabupaten Kudus.

Dalam aksi tersebut, dosen dan mahasiswa secara bergantian berorasi dan membaca puisi bela Palestina dan mengutuk kezaliman Zionis. Beberapa kali pekikan takbir juga bergema di lokasi tersebut.

Seruan untuk kemerdekaan Palestina pun menggema berkali-kali. Mereka juga menyerukan untuk memboikot semua produk-produk Israel, maupun produk yang membela Negara Pimpinan Benyamin Netanyahu tersebut.

Baca juga: Ratusan Siswa SD Muhammadiyah Pati Salat Gaib dan Galang Dana untuk Palestina

Rektor UMKU, Edy Soesanto mengatakan, hampir satu abad konflik Israel-Palestina tidak kunjung berujung. Hal ini tidak lepas dari misi Zionis Israel untuk menguasai tanah Palestina. Berbagai serangan, penindasan, pengusiran, dan pembunuhan dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina.

“Sejak 7 Oktober 2023 hingga saat ini, agresi dan serangan militer Israel terhadap warga Palestina merupakan serangan yang paling keji, biadab, dan brutal dalam sejarah konflik Israel dan Palestina. Korban terbunuh telah mencapai hampir 35 ribu jiwa dan yang terluka mencapai lebih dari 77.867 jiwa, yang sebagian besar korban adalah perempuan dan anak-anak,” ujarnya saat berorasi.

Bahkan saat ini, lanjutnya, sebagian besar jalur Gaza telah menjadi puing-puing. Pasokan makanan dan bantuan kemanusiaan ke Palestina diawasi dan dibatasi secara ketat oleh tentara Israel, sehingga kelaparan menjadi pemandangan yang sangat memilukan.

“Ironisnya, tindakan yang dilakukan Israel terhadap Palestina justru mendapat pembiaran dan dukungan dari negara-negara seperti Inggris, Prancis, Jerman, dan Amerika Serikat,” tegasnya.

Baca juga: Lazisnu Pati Donasikan Rp300 Juta untuk Warga Palestina 

Oleh karena itu, kata dia, Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia termasuk Umku mengutuk keras Israel. Pihaknya juga mengecam negara-negara yang justru mendukung kekejaman Israel.

-Advertisement-

“Kami meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memfasilitasi perundingan dan gencatan senjata Israel dan Palestina,” sebutnya.

spot_imgspot_imgspot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER