31 C
Kudus
Minggu, Mei 19, 2024

Bawaslu Pati Tegaskan Rekrutmen Panwascam Sesuai SOP dan Peraturan yang Berlaku

BETANEWS.ID, PATI – Menanggapi adanya tudingan ketidakprofesionalitasan dan ketidaknetralan dalam rekrutmen anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Pati, Sigit Pamungkas, menegaskan bahwa proses rekrutmen anggota Panwascam sudah sesuai aturan yang berlaku.

“Kami sudah melakukan sesuai dengan SOP dan peraturan perundangan yang berlaku, terkait dengan rekrutmen tersebut,” ujar Sigit di Kantor Bawaslu Pati, Rabu (8/5/2024).

Namun, apabila memang ada elemen atau siapa pun yang merasa keberatan atas proses rekrutmen Panaascam, menurutnya ada jalur yang bisa ditempuh.

Baca juga: Bawaslu Pati Dituding Tak Profesional dan Tak Netral dalam Rekrut Anggota Panwascam

Pihaknya pada dasarnya menghormati hak dari mereka semua, karena Negara Indonesia merupakan negara demokrasi. Menurutnya, pihaknya akan patuh dan taat kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa mekanisme dalam perekrutan Panwascam ada dua metode, yakni existing dan rekrutmen baru.

“Untuk existing telah diumumkan pada 2 Mei kemarin, dan sebanyak 27 orang, berdasarkan penilaian memang layak untuk mengemban amanah untuk pilkada ke depan,” sebutnya.

Kemudian, pada 5-7 Mei kemarin, Bawaslu Kabupaten Pati juga telah membuka rekrutmen baru anggota Panwascam. Hingga hari terakhir kemarin, terdapat 184 pendaftar.

Baca juga: 36 Kursi Panwascam di Pati Diperebutkan

“Kemudian, terkait dengan beberapa pihak yang kali ini tidak bisa masuk lagi, kita juga terbuka. Bahwasanya kita sesuai dengan juknis atau peraturan yang memang secara langsung diamanatkan kepada Bawaslu Kabupaten Pati,” ucapnya.

-Advertisement-

Bahwasanya ketika ada sesuatu yang dirasa tidak cocok atau keberatan, katanya, nanti pada tanggal 12-17 Mei, ada tanggapan atau masukan dari masyarakat.

Editor: Ahmad Muhlisin

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER