31 C
Kudus
Minggu, Mei 19, 2024

160 Orang Ikuti Tes Tertulis untuk Berebut 36 Kursi Panwascam Pati

BETANEWS.ID, PATI – Pengisian kekosongan 36 kursi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), kini sudah masuk dalam tahap tes tertulis untuk pendaftar baru. Setidaknya, ada 160 peserta mengikuti tes tertulis pada Selasa (14/5/2024).

Untuk pelaksanaan tes tertulis, digelar di SMKN 2 Pati. Tes tersebut terbagi dua sesi. Yakni, untuk sesi pertama dimulai pukul 09.00 WIB, sementara sesi kedua dimulai pukul 12.00 WIB.

Baca Juga: Inspektorat Pati Genjot Pendidikan Antikorupsi untuk ASN

”Pelaksanaan tes bagi calon anggota Panwascam dari jalur pendaftar baru dilaksanakan di SMKN 2 Pati. Peserta yang berhak mengikuti tes seleksi Panwascam ini sebanyak 160 orang,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Pati Supriyanto.

Ia menyebut, sebelumnya pihaknya membuka pendaftaran bakal calon anggota Panwascam Kabupaten Pati pada pekan lalu. Sebanyak 184 orang mengikuti pendaftaran tersebut.

Setelah pembukaan pendaftaran tersebut, pihaknya meneliti berkas administrasi para pendaftar. Dari jumlah 184 pendaftar, sebanyak 160 pendaftar dinyatakan lolos administrasi dan berhak mengikuti tahap lanjutan yaitu tes tertulis.

”Total pendaftarnya 184 orang, yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti tahapan berikutnya yakni test tertulis sebanyak 160 orang,” ungkapnya.

Nantinya, dari hasil tes tertulis ini, sebanyak 72 calon anggota Panwascam bakal dipilih untuk mengikuti tes wawancara lanjutan. Dari jumlah itu, pihaknya akan memilih 36 peserta untuk menduduki kursi Panwascam Pati yang masih kosong.

”Rekapitulasi nilai dan pengumuman hasil seleksi tertulis. Diambil nilai tertinggi untuk dua kali kebutuhan di masing-masing kecamatan. Selanjutnya bagi peserta yg dinyatakan lolos seleksi tertulis berhak mengikuti tahapan seleksi berikutnya yakni seleksi wawancara,” imbuhnya.

Menurutnya, untuk tes tertulis ini ada 100 soal yang terdiri dari tes CAT dan essay. Untuk bobot penilaian, untuk tes CAT sebanyak 70 persen dan essay sebanyak 30 persen.

-Advertisement-

Baca Juga: Ketua DPD Golkar Pati Soal Maju Pilbup : ‘Kalau Survey Memungkinkan, Insya Allah Siap’

Khusus untuk essay, nantinya yang melakukan penilaian adalah pimpinan Bawaslu Pati. Sedangkan untuk CAT, nilai langsung terlihat di komputer begitu peserta selesai mengerjakan soal.

Ia menjelaskan kebutuhan Panwascam Kabupaten Pati sebanyak 63 anggota. Dari jumlah keseluruhan itu, sebanyak 27 kursi sudah terpenuhi dari perekrutan jalur existing. Sisanya dipenuhi dari jalur pendaftaran baru.

Editor: Haikal Rosyada

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER