31 C
Kudus
Kamis, Mei 23, 2024

Inspektorat Pati Genjot Pendidikan Antikorupsi untuk ASN

BETANEWS.ID, PATI – Inspektorat Daerah Pati menggenjot pendidikan antikorupsi untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan Kabupaten Pati. Hal ini, sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di kalangan abdi negara.

Inspektur Daerah, Pati Agus Eko Wibowo mengatakan, tujuan dari hal itu, yakni menciptakan semangat dan atmosfer yang mendukung internalisasi nilai, sikap, dan perilaku antikorupsi di kalangan ASN.

Baca Juga: Ketua DPD Golkar Pati Soal Maju Pilbup : ‘Kalau Survey Memungkinkan, Insya Allah Siap’

-Advertisement-

Menurutnya, hal itu dianggap penting, mengingat hasil survei Penilaian Integritas (SPI) tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, menunjukkan adanya kebutuhan untuk meningkatkan sosialisasi antikorupsi di internal instansi pemerintah daerah.

”Meskipun Kabupaten Pati meraih skor cukup tinggi, sebesar 80,75 dalam SPI, namun terdapat kelemahan pada dimensi komponen internal, terutama dalam hal sosialisasi antikorupsi yang masih memiliki skor 70,17,” ujar Agus, Senin (13/5/2024).

Untuk itu, lanjutnya, kegiatan pendidikan antikorupsi menjadi sangat relevan untuk dilakukan guna memperbaiki indikator tersebut. selain itu juga untuk memenuhi indikator dalam Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK tahun 2024.

Agus menambahkan, hasil SPI KPK untuk Kabupaten Pati dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan. Pada tahun 2022, nilai hasil SPI Kabupaten Pati tercatat 78,25. Kemudian pada 2023 lalu, nilainya naik menjadi 80,75.

”Di eks-Karesidenan Pati, Kabupaten Pati mendapatkan nilai SPI tertentinggi. Kalau di tingkat Provinsi Jateng, Pati mendapatkan urutan ke-5. Karena itu, upaya-upaya untuk mendapatkan nilai SPI yang lebih tinggi akan terus kami lakukan. Salah satunya dengan sosialisasi pendidikan antikorupsi ke ASN,” ungkapnya.

Pelaksanaan kegiatan pendidikan antikorupsi untuk ASN ini, akan melibatkan penyuluh antikorupsi yang telah bersertifikat dari KPK. Mereka akan dihadirkan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Pati, kecuali di kecamatan dan OPD yang sudah melaksanakan sosialisasi antikorupsi sebelumnya.

Kegiatan pendidikan antikorupsi, berlangsung mulai tanggal 13 Mei 2023 hingga 18 Juli 2024. Lokasi kegiatan tersebar di berbagai instansi seperti Setda, Sekretariat DPRD, BPKAD, BAPPERIDA, BKPSDM, Bakesbangpol, BPBD, DPMPTSP.

Baca Juga: Suriyanto, Bersaing dengan Nonkader untuk Tiket Bacabup Pati dari Partai Demokrat

Kemudian di Dinans Arpus, Disdikbud, Dispermades, Disperkim, DKP, Disporapar, Dishub, Dinas Sosial P3AKB, Disnaker, Dispertan, Disketapang, Dinkes, Satpol PP hingga rumah sakit seperti RSUD RAA. Soewondo Pati dan RSUD Kayen.

“Diharapkan, melalui kegiatan ini, akan tercipta lingkungan kerja yang lebih integritas dan bebas korupsi di Kabupaten Pati. Serta meningkatkan kesadaran dan komitmen para ASN dalam menjaga integritas dan pencegahan korupsi dalam pelaksanaan tugasnya, ” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER