31 C
Kudus
Minggu, Mei 19, 2024

Pj Bupati Kudus: ‘Peran Ombudsman Penting untuk Bantu Optimalkan Kinerja Pemda’

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menguatkan kolaborasi dengan Ombudsman Republik Indonesia untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Menurut Penjabat (Pj) Bupati Kudus Muhamad Hasan Chabibie, Ombudsman selama ini menjadi lembaga yang menerima aduan masyarakat terkait pelayanan dari birokrasi di berbagai level

“Kolaborasi dengan Ombudsman ini sangat penting, agar terjadi keseimbangan informasi serta mekanisme check and balances antara Pemerintah Kabupaten Kudus dengan lembaga lain yang berwenang,” terang Hasan saat menerima Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Tengah, Siti Farida di Pendapa Kudus, Rabu (24/4/2024).

Hasan menjelaskan, pihaknya juga menjalin komunikasi yang baik dengan beberapa instansi pengawasan di level nasional, untuk membantu jajaran Pemkab Kudus bekerja dengan baik.

Baca juga: Tarif Parkir di Kudus Akan Naik Mulai April atau Mei, Ini Daftar Tarifnya

“Jadi kami juga sudah berkomunikasi dengan BPK dan KPK untuk membantu menata Kudus. Intinya, kami ingin ada bimbingan dari lembaga-lembaga ini dengan mekanisme pencegahan dan pengawasan. Jadi semua bisa berjalan optimal serta bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing,” terang Hasan.

Selain itu, Pemkab Kudus juga ingin agar mendapat bimbingan dan monitoring secara rutin untuk perbaikan pelayanan publik.

“Peran Ombudsman serta KPK dan BPK menjadi urgen untuk membantu pemerintah daerah bekerja secara optimal. Jadi, semuanya bisa bekerja sesuai dengan mekanisme dan regulasi yang berlaku. Para pihak juga bisa bekerja dengan fokus untuk melayani warga Kudus secara maksimal,” ungkapnya.

Siti Farida mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi Pemkab Kudus yang sudah berkomitmen untuk menjaga kualitas pelayanan publilk.

Baca juga: Calhaj Asal Kudus Diprediksi Berangkat Akhir Mei, Jemaah Paling Tua Berusia 85 Tahun

“Pemkab Kudus sudah bekerja sama dengan kami selama bertahun-tahun, dalam pengawasan pelayanan publik. Jadi, kami sudah sering memberikan catatan dan saran, dan selama ini difollow-up secara sangat baik. Jadi, kami mengapresiasi hal ini,” ungkapnya.

-Advertisement-

Kolaborasi Pemkab Kudus dan Ombudsman ini diharapkan menjadi titik penting untuk peningkatan kualitas pengawasan pelayanan publik. Selanjutnya, diharapkan warga Kudus juga mendapatkan kepuasan yang tinggi dalam perizinan dan pelayanan publik.

Editor: Ahmad Muhlisin

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER