31 C
Kudus
Kamis, Mei 23, 2024

Mesin Tanam Padi Desa Mijen Jadi Andalan di Lomba Desa 2024

BETANEWS.ID, KUDUS – Mesin tanam padi yang dibuat oleh warga Desa Mijen, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus menjadi andalan dalam lomba desa 2024 tingkat Kabupaten Kudus.

Camat Kaliwungu, Satria Agus Himawan menyampaikan, Desa Mijen yang mewakili Kecamatan Kaliwungu dalam lomba desa tahun 2024 memiliki banyak potensi. Menurutnya, potensi unggulan desa tersebut mempunyai mesin tanam padi yang diproduksi oleh salah satu warga.

Baca Juga: Camat Kaliwungu: ‘Desa Mijen Optimis Menang Lomba Desa 2024’

-Advertisement-

“Desa Mijen mempunyai pos pelayanan teknologi (Posyantek). Posyantek ini menginisiasi adanya mesin tanam padi secara otomatis yang dikembangkan oleh salah satu warga melalui posyantek dan sangat efisien sekali,” bebernya, Kamis (25/4/2024).

Ia menjelaskan, kehadiran mesin tersebut sangat membantu masyarakat, terutama yang bergerak di bidang pertanian. Jika sebelum ada mesin tersebut, penanaman padi dengan cara manual atau menggunakan tenaga manusia (tandur), kini kehadiran mesin itu dapat lebih mempercepat dengan biaya yang lebih irit.

“Kalau biasanya harus membayar buruh tani untuk melakukan tandur (tanam), tapi dengan adanya mesin tanam ini sangat bisa mengurangi pembiayaan masyarakat ketika mau tanam padi,” ungkapnya.

Selain mesin tanam padi, katanya, potensi lain yang dimiliki Desa Mijen ada beberapa sektor. Di antaranya meliputi sektor kesehatan, pendidikan, pengembangan teknologi termasuk posyantek, dan lain sebagainya. Menurutnya, untuk posyantek ada beberapa produk inovasi.

“Pertama anjungan pelayanan mandiri (APM), merupakan sistem pelayanan secara mandiri. Jadi masyarakat bisa membuat surat ijin usaha dan surat lainnya secara mandiri di Balaidesa. Jadi tanpa harus ke perangkat, mereka bisa langsung membuat surat sesuai dengan keinginan mereka,” tuturnya.

Baca Juga: Narasi Penggantian Seragam Sekolah di Kudus Bikin Heboh, Ini Faktanya

Selanjutnya, adanya BUMDes bernama Sapto Manunggal menjadi ujung tombak bagi Desa Mijen. Sebab, BUMDes tersebut sudah berpredikat maju dan mempunyau berbagai uniy usaha sendiri yang dapat meningkatkan pendapatan asli desa.

“Unit usaha itu meliputi, penyediaan pelayanan internet semacam ISP. Ini sudah melayani hampir 200 masyarakat, dengan harga yang cukup terjangkau. Unit usaha lainnya ada pasar desa, pengelolaan lahan parkir, pansimas, dan pengolahan sampah,” imbuhnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER