31 C
Kudus
Selasa, April 16, 2024

Tanggul Sungai Wulan yang Jebol ‘Ditumbali’ Kambing Kendit, Ini Penjelasannya

BETANEWS.ID, DEMAK – Satu ekor kambing kendit disembelih di lokasi tanggul Sungai Wulan yang dua kali jebol, Rabu (20/3/2024). Video penyembelihan kambing berwarna hitam dengan bulu putih diperut mirip kendit itu viral di berbagai platform media sosial.

Betanews.id pun mengonfirmasi kebenaran video tersebut dengan datang ke tanggul Sungai Wulan. Sesepuh warga, Suripto, membenarkan penyembelihan kambing kendit di lokasi tanggul Sungai Wulan yang jebol.

“Benar ada penyembelihan kambing kendit di tanggul Sungai Wulan yang dua kali jebol. Saya ikut langsung prosesi penyembelihannya,” ujar Suripto kepada Betanews.id, Rabu (20/3/2024).

Baca juga: Update Banjir Karanganyar Demak, Surut 2 Meter tapi Jalan Pantura Masih Lumpuh

Suripto mengatakan, penyembelihan kambing kendit dilakukan sekira pukul 9:00 WIB. Setelah disembelih, kepala kambing kendit dan empat kakinya dikubur di lokasi pengerjaan tanggul Sungai Wulan yang jebol.

“Sementara dagingnya nanti bisa dimanfaatkan warga sekitar untuk berbuka puasa. Selain penyembelihan dan penanaman kepala dan empat kaki kambing kendit juga ada penaburan kembang setaman di lokasi tanggul Sungai Wulan yang jebol,” bebernya.

Tujuan dari penyembelihan kambing kendit, ungkap Suripto, untuk keselamatan, supaya pekerjaan penambalan tanggul diberi lancar tanpa halangan apapun, sukses dan tak jebol lagi.

“Intinya untuk selamatan supaya pekerjaan penambalan tanggul cepat terselesaikan. Dan, warga sekitar terselamatkan dari bencana apapun, termasuk banjir,” sebutnya.

Di singgung terkait kepercayaan warga sekitar soal penumbalan kambing kendit, Suripto menuturkan, bahwa tak percaya terhadap kambing maupun mahluk lainnya. Percaya hanya satu pada Allah.

“Namun, sebagai orang Jawa kita tidak boleh lepas dari adat istiadat. Sama dengan desa-desa yang lain,” ungkapnya.

Baca juga: Tanggul Sungai Wulan Jebol Lagi, Korban Banjir Demak Kecewa dan Sebut Penambalan Gagal

Apalagi, lanjutnya, di pekerjaan penambalan tanggul Sungai Wulan yang jebol tak didahului dengan selamatan. Penyembelihan kambing kendit ini sebagai ikhtiar agar penambalan tanggul berjalan lancar.

“Ibaratnya, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. Semoga setelah ada penyembelihan kambing kendit sesuai permintaan kaki tunggu nini tunggu atau danyang setempat, pekerjaan penambalan lancar dan tanggul tak jebol lagi,” harapnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER