31 C
Kudus
Rabu, April 24, 2024

Ratusan Kilometer Jalan Kabupaten Pati Rusak

BETANEWS.ID, PATI – Ruas jalan milik Kabupaten Pati mengalami kerusakan hingga ratusan kilometer. Hal berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Pati.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga pada DPUTR Pati, Hasto mengatakan, jalan milik Kabupaten Pati memiliki panjang 1.256 kilometer. Dari jumlah itu, hampir seperempatnya mengalami kerusakan.

Baca Juga: Sekolah Sering Kebanjiran, Pemerintah Diminta Tinggikan Bangunan SDN Mintomulyo Pati

“20 persen atau sekitar 250 kilometer masih dalam kondisi tidak mantap. Rusak ringan dan rusak berat,” ujar Hasto.

Ratusan kilometer jalan yang rusak tersebut, katanya tersebar di sejumlah titik. Adapun yang paling parah, di antaranya Jalan Sukolilo-Prawoto, Kayen-Beketel, Dukuhseti batas Jepara, Tlogowungu-Bapoh, Gabus-Winong, Gabus-Tambakromo, Sukoharjo-Ngurensiti, Jontro-Bangsalrejo, Sukoharjo-Gembong, Pati-Gembong dan Tlogowungu-Lahar.

Hasto menyebut, sejumlah titik jalan yang rusak tersebut akan segera diperbaiki menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Meskipun hal itu belum mencakup secara keseluruhan.

“Rencana Tlogowungu-Bapoh, Sukoharjo-Gembong, Gabus-Winong, Gabus-Tambakromo akan diperbaiki setelah Lebaran,” ungkapnya.

Tak hanya itu, sebagian jalan rusak lainnya juga telah diusulkan perbaikan lewat Instruksi Presiden (Inpres). Jalan yang masuk dalam usulan ke pemerintah pusat itu di antaranya jalan Dukuhseti batas Jepara, Sukolilo-Prawoto dan Kayen-Beketel.

Baca Juga: Relawan Turun Tangan Bersihkan Lumpur Sisa Banjir di SDN Mintomulyo Pati

Namun perbaikan jalan tersebut masih belum diketahui kepastiannya. Sebab, pihaknya masih menunggu usulan Inpres jalan daerah itu disetujui.

“Kemarin baru saya tanyakan. Tapi menunggu awal April baru keluar SK menteri tentang jalan-jalan yang disetujui di Inpres jalan daerah 2024,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER