31 C
Kudus
Rabu, April 24, 2024

Pemkab Kudus Sediakan Alsintan untuk Petani, Ini Jenis dan Cara Mendapatkannya

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus terus berkomitmen mendukung para petani agar bisa mendapatkan hasil maksimal. 2024 ini, Pemkab Kudus menyediakan berbagai alat dan mesin pertanian (Alsintan).

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Muhammad Hasan Chabibie, menyampaikan, ada berbagai alsintan yang disediakan oleh Pemkab Kudus yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh para petani, di antaranya, mesin combine harvester dan pompa air.

“Mesin combine dan pompa itu memang kita sediakan untuk para petani. Sistemnya nanti dipinjamkan, baik itu combine untuk memanen dan pompa untuk urusan air,” ujar Hasan kepada Betanews.id usai berdialog dengan petani di Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, belum lama ini.

Baca juga: PKL Kudus Keluhkan Kelangkaan Gas Melon di Awal Puasa

Dengan adanya Alsintan tersebut, diharapkan mampu membantu para petani. Mesin combine bisa membantu efisiensi proses panen. Sementara pompa bisa digunakan untuk lahan yang kesulitan air.

“Ini merupakan komitmen kami dari Pemkab Kudus untuk semaksimal mungkin membantu para petani,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus, Didik Tri Prasetyo, menambahkan, tahun kemarin pihaknya mendapatkan bantuan beberapa alsintan dari Kementerian Pertanian untuk dimanfaatkan para petani.

“Sistemnya tidak hibah, ya, tapi pinjam pakai. Jadi petani yang butuh alsintan guna efektifitas pekerjaan pertanian bisa pinjam ke kami,” ujar Didik.

Baca juga: Jalan Tanjungkarang yang Sempat Ditanami Pisang Kini Sudah Diperbaiki

Didik mengungkapkan, alsintan yang disediakan antara lain lima unit mesin combine untuk panen. Kemudian ada 10 mesin traktor, terdiri dari dua traktor roda empat dan delapan mesin traktor roda dua.

Ada juga 10 unit pompa air, terdiri dari pompa saluran sedot dan buang 6 inc sebanyak 5 unit. Serta mesin pompa dengan saluran sedot dan buang 4 inc juga 5 unit.

“Pompa ini sebagai antisipasi jika ada Badai El Nino, sehingga para petani tetap bisa menanam padi tanpa khawatir kekeringan,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER