31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Ngalap Berkah Jelang Ramadan, Warga Berbondong-Bondong Ziarah ke Makam Sunan Kudus 

BETANEWS.ID, KUDUS – Alunan suara pembacaan tahlil dan Surah Yasin terdengar saling bershutan di Makam Sunan Kudus. Para peziarah itu datang berkelompok secara bergantian seperti tak ada habisnya. Meraka memilih tempat yang sekirannya kosong di tengah puluhan orang yang duduk cukup berdesakan di area dekat makam. 

Menjelang Ramadan, warga berbagai daerah memang terlihat berbondong-bondong ngalap berkah di makan Sunan Kudus untuk melaksanakan Tradisi Nyadran. Salah satunya adalah Annaura Tuffahati Audria. 

Dara berusia 16 tahun dan akrab disapa Naura itu mengaku, setiap jelang Bulan Suci Ramadan pasti melakukan ziarah ke makam Sunan Kudus, satu di antara Walisongo. Berziarah ke makam leluhur dan wali Allah memang sudah menjadi tradisi turun temurun di keluarganya.

-Advertisement-

Baca juga: Jelang Ramadan, Pedagang Kudus Kebanjiran Pesanan Mukena

“Ziarah sudah tradisi nenek moyang, ya. Dari mulai eyang, orang tua kami selalu berziarah ke Sunan Kudus setiap jelang Bulan Suci Ramadan. Tapi ini saya berziarah ke makam Sunan Kudus bersama teman-teman sekolah,” ujar Naura, Sabtu (2/3/2024). 

Menurut Naura, selalu ada harapan setiap melakukan prosesi ziarah di Makam Sunan Kudus jelang bulan suci Ramadan. Dengan berziarah, ia berharap ketika menjalani ibadah puasa Ramadan bisa berjalan lancar dan baik. 

“Serta semoga dengan ziarah yang kita lakukan dan melalui perantara dari Sunan Kudus bisa membawa kita dalam kebaikan. Serta harapan dan doa kita dikabulkan Allah melalui berkah dan karomah wali Allah Sunan Kudus,” harapnya yang segera diamini oleh teman-temannya. 

Editor: Ahmad Muhlisin 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER