31 C
Kudus
Jumat, April 19, 2024

Kementan Siapkan Upah Panen Padi Manual Bagi Petani yang Sawahnya Kebanjiran

BETANEWS.ID, PATI – Ribuan hektare tanaman padi di Kabupaten Pati terdampak banjir. Sebagian, tanaman padi yang terendam tersebut terpaksa harus dipanen diri agar tidak membusuk.

Terkait dengan kondisi ini, Kementerian Pertanian (Kementan) RI menyiapkan bantuan upah panen untuk petani yang sawahnya terendam banjir. Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Suwandi, saat melakukan kunjungan kerja di Pati pada Jumat (22/3/2024).

Suwandi menyebut, bagi petani yang tanaman padinya terendam banjir dan hanya bisa dipanen secara manual, maka pihaknya akan menyiapkan upah panen tersebut.

Baca juga: Sambangi Lokasi Sawah Kebanjiran di Pati, Dirjen Tanaman Pangan Kementan Tebar Bantuan

“Bagi lahan-lahan yang siap dipanen, tapi tidak bisa menggunakan combine atau hanya bisa dipanen manual, maka akan disiapkan upah panen, ” ujar Suwandi.

Sedangkan untuk tanaman padi yang masih bisa dipanen dengan combine harvester atau mesin pemanen padi, maka pihaknya telah menyiapkan mesin combine.

Hari ini juga, katanya, alat tersebut akan diantar ke Pati dan bisa segera dioperasikan.

“Sore ini insyaallah datang, karena langsung pesan dari pabriknya. Minimal ada empat unit, ” imbuhnya.

Ia menyebut, combine tersebut, nantinya dikelola oleh Dinas Pertanian dan akan keliling. Khusus, bagi petani korban banjir, nantinya akan digratiskan.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER