31 C
Kudus
Jumat, April 19, 2024

Hari Pertama Puasa, Harga Daging Ayam di Jepara Capai Rp37-45 Ribu Per Kilogram

BETANEWS.ID, JEPARA – Harga daging ayam di pasar tradisional Jepara masih tinggi. Pada hari pertama puasa Ramadhan harga daging ayam mencapai Rp37-45 ribu per kilogram.

Agus Mansur (27), penjual daging ayam di Pasar Pecangaan Jepara mengatakan saat ini harga ayam pedaging mengalami kenaikan, dari yang normalnya Rp33 ribu per kilogram menjadi Rp37 ribu. Naiknya harga tersebut terjadi secara bertahap sejak satu bulan yang lalu.

Baca Juga: Didominasi Wajah Lama, Ini Daftar 13 Wajah Baru DPRD Jepara

“Mulai naik itu bulan Ruwah kemarin karena banyak orang bikin selamatan sehingga harga ayam naik, naiknya juga bertahap mulai Rp500-1.000,” katanya pada Selasa (12/3/2024).

Harga daging ayam diperkirakan juga akan terus mengalami kenaikan memasuki pertengahan bulan Ramadhan sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kenaikan harga tersebut diperkirakan mencapai 50 persen.

“Kalau awal puasa gini kan permintaan masih biasa sehingga harga masih stabil. Tapi nanti kalau pertengahan puasa sampai H-1 lebaran itu bisa naik lagi dengan kisaran harga Rp40-45 ribu per kg,” katanya.

Meskipun mengalami kenaikan harga, hal tersebut juga diimbangi dengan naiknya jumlah permintaan. Jika di momen awal puasa seperti ini ia hanya menyetok satu ton ayam per hari, saat memasuki pertengahan puasa stok ayam yang ia sediakan meningkat mulai dari 1,2 – 2 ton per hari.

Kenaikan harga daging ayam juga terjadi di Pasar Jepara Satu. Denok Ernawati (36) salah satu pedagang ayam mengatakan harga ayam pedaging di pasar tersebut dari yang semula Rp40 ribu/kg kini naik menjadi Rp45 ribu.

Baca Juga: Waspada! Cuaca Ekstrem Diperkirakan Bakal Terjadi di Jepara 14-16 Maret Mendatang

Meskipun harganya naik, stok ayam yang ia sediakan tidak berkurang yaitu 4 ton ayam dalam satu hari. Naiknya harga tersebut menurutnya akan bertahan selama satu minggu pertama di Bulan Ramadhan.

“Harga daging ayam dari yang semula Rp40 ribu sekarang jadi Rp45 ribu, itu untuk yang jenis ayam pedaging, kayak gitu biasanya satu Minggu awal puasa lah,” katanya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER