31 C
Kudus
Jumat, April 19, 2024

Berkah Ramadan, Sarung di Toko Al-Umm Pasar Kliwon Laku Keras, Omzetnya Bikin Iri

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa karyawan Toko Al-Umm tampak sedang sibuk mengangkut berbegai merek sarung dari mobil bak terbuka. Pakaian pria muslim itu menjadi barang panas yang banyak dicari selama Ramadan.

Sehari-hari, toko yang berada di Pasar Kliwon, tepatnya di seberang masjid Al-Ma’rof itu memang jadi jujugan banyak pedagang sarung dari berbagai daerah. Koleksinya yang lengkap dan harga yang terjangkau menjadikan toko itu selalu jadi pilihan.

Owner Toko Al-Umm, Abdul Hamid, mengatakan, setiap Bulan Ramadan penjualan di tokonya mengalami peningkatan. Bahkan, omzetnya dalam sehari bisa mencapai Rp100 juta.

Baca juga: Sarung Batik Al Juwani, Produk Lokal Tembus Pasar Internasional

“Penjualan perlengkapan muslim selama Ramadan ini sangat tinggi, terutama penjualan sarung. Kalau omzet per hari mencapai Rp100 juta. Tapi kalau pendapatan bersih, ya, sekitar Rp60-70 juta,” bebernya saat ditemui, beberapa hari lalu.

Selain dijual secara offline, Hamid juga menjualnya secara online. Menurutnya, hal itu sangat membantu karena setiap orderan masuk bisa ribuan buah.

“Untuk tokonya ini aja. Tapi kadang karyawan sendiri yang jual online. Sekali ngirim itu banyak bisa 1.000 hingga 2.000 pcs biasanya,” ungkap pria berusia 29 tahun itu.

Toko Al-Umm menjual berbagai merek sarung, di antaranya Wadimor, BHS, Kecubung, Atlas, dan Alfat. Selain sarung, di sana juga menjual selimut, seprei dan peralatan muslim, seperti peci dan sajadah.

Selama Ramadan, Hamid mengaku lebih berfokus untuk menjual perlengkapan muslim, khususnya sarung. Menurutnya, saat menjelang Lebaran sarung menjadi produk yang paling banyak dicari konsumen.

Baca juga: Sarung Batik Al-Hazmi Punya 80 Agen di Indonesia, Pernah Tembus Pasar Mancanegara

Harga sarung yang dijual di Toko Al-Umm pun beragam, mulai dari Rp25 ribu hingga Rp4 juta. Sedangkan sajadah dan peci dijual mulai harga Rp22 ribu hingga Rp55 ribu.

“Barangnya ambil dari pabrik di berbagai daerah. Ada dari Gresik, Jakarta, Cirebon, dan Pekalongan. Biasanya kami ambil barang dua pekan sekali. Tapi sekali ambil itu skala besar, bisa 10 hingga 20 ribu pcs,” bebernya.

Penulis: Ihza Mihtahul Huda, Mahasiswa Magang Unisnu

Editor: Ahmad Rosyidi

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER