31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Status Awas, Pintu Bendung Wilalung ke Arah Sungai Juwana Dibuka

BETANEWS.ID, KUDUS – Intensitas curah hujan tinggi mengakibatkan status Bendung Wilalung menjadi awas. Pintu air Bendung Wilalung pun dibuka karena debit air sudah mencapai 866 m³/detik.

Operator dan Pemelihara Bendung Wilalung, Karno mengatakan, kondisi debit air di Bendung Wilalung saat ini berstatus awas dan sudah lebih dari Standard Operasional Prosedur (SOP).

Baca Juga: Meski Biaya Haji 2024 Naik Jadi Rp58 Juta, Jemaah Calon Haji Kudus Pantang Mundur  

“Kondisi bendung Wilalung saat ini debit airnya sudah mencapai 866 m³/detik per pukul 10.00 WIB. Sehingga ini sudah mencapai SOP (Standard Operasional Prosedur) dan harus dibuang ke arah Sungai Juwana,” bebernya saat ditemui di kantor Bendung Wilalung, Senin (6/2/2024).

Karno menuturkan, pembukaan pintu ke arah Sungai Juwana dilakukan sejak Senin dini hari, pukul 02.00 WIB di pintu nomor 8, dengan pembukaan 5 centimeter. Sebab, di jam tersebut debit air sudah mencapai SOP, sehingga harus dilakukan pembukaan.

“Terus ada tambahan lagi dari bendung dumpil masih bertahan atau idem ditambah lagi dari hilir sampai sekarang dibuka 5 sentimeter lagi pukul 8.30 WIB. Jadi totalnya saat ini sudah dibuka 10 sentimeter ke arah Sungai Juwana. Sampai sekarang masih bertahap, kita lihat kondisi nanti situasi dan kondisinya,” tuturnya.

Baca Juga: RSUD Kudus Perluas ICU, Kini Lebih Modern dan Tampung Lebih Banyak Pasien

Ia menyebut, pembukaan ke Sungai Juwana itu sudah sesuai dengan aturan yang sudah disepakati. Sehingga dalam kondisi melebihi SOP, memang harus dibuka. Hal itu agar tidak membahayakan dan rawan jebol terhadap tanggul atau Sungai Lusi yang mengarah ke Demak.

“Saat ini di Bendung Wilalung tinggi jagaan 38 sentimeter. Artinya debit air hampir mencapai tanggul. Mudah-mudahan situasi dan kondisi debit air bisa turun dan kondisi aman terkendali,” jelas pria yang beralamat Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus itu.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER