31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Masih Nangkring di Hari Tenang, Baliho Jumbo Tiga Capres-Cawapres Dicopot Bawaslu Pati 

BETANEWS.ID, PATI – Pada masa tenang Pemilu 2024 ini para petugas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pati berjibaku menurunkan alat peraga kampanye (APK) di berbagai lokasi sejak Minggu (11/2/2024). APK dengan berbagai bentuk yang masih terpasang di tepi jalan dicopot oleh petugas, begitu pula dengan baliho pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden serta calon legislatif.  

Seperti halnya yang dilakukan petugas Bawaslu Pati. Dengan menggunakan truk crane, petugas mencopot baliho berukuran jumbo bergambar pasangan capres dan cawapres yang masih nangkring di berbagai titik di wilayah Pati.  

Dari pantauan Betanews.id, baliho Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Pati diturunkan petugas. Begitu pula dengan baliho Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang berada di kawasan Stasiun Puri Pati juga dicopot karena masih terpajang pada masa tenang Pemilu ini.

Baca juga: Bawaslu Jateng Sudah Tangani 261 Dugaan Pelanggaran Pemilu 2024 

Tidak ketinggalan, baliho jumbo bergambar pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang berada di Jalan Pantura Pati-Kudus atau tepatnya di depan Plaza Pragolo Pati juga diturunkan oleh petugas.  

Selain baliho ukuran jumbo, ragam APK yang terpasang di pinggir jalan juga diambil oleh petugas dari Bawaslu yang juga dikawal oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).  

Ketua Bawaslu Pati, Supriyanto, mengatakan, pada masa tenang yang berlangsung 11-13 Februari 2024, jika pihaknya masih menemukan metode kampanye termasuk alat peraga maka akan ditertibkan. 

“Kalau kami masih menemukan alat peraga kampanye di ruang umum, maka itu merupakan barang dugaan pelanggaran, maka kami bantu untuk menertibkannnya,” ujar Supri, Senin (12/2/2024).  

Ia menyebut, bahwa pihaknya saat ini akan melakukan identifikasi jumlah alat peraga kampanye yang masih terpasang pada masa kampanye, pasca-dilakukan penertiban.  

“Untuk jumlahnya nanti kami sampaikan kepada teman-teman media dan masyarakat umum secara transparan jumlahnya berapa,” imbuhnya.

Baca juga: KPU Pati Libatkan Dinkes untuk Cegah Kasus Kematian Petugas KPPS

Ia menyebut, pada masa tenang Bawaslu Pati beserta jajaran melakukan patroli dan memastikan seluruh metode kampanye, tidak dilakukan pada masa tenang ini.  

Ia berharap, agar masyarakat bisa memantapkan pilihan masa tenang ini, setelah adanya kampanye yang telah berjalan pada 28 Januari hingga 10 Februari 2024 kemarin.  

Supri juga menegaskan, bahwa pihaknya juga telah memberikan imbauan kepada peserta pemilu, baik kepada tim sukses calon maupun pimpinan partai politik agar menertibkan APK secara mandiri. 

Editor: Ahmad Muhlisin 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER