31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

150 Korban Banjir di Ngemplik Wetan Demak Menderita Penyakit Ringan

BETANEWS.ID, DEMAK – Hingga saat ini tercatat kurang lebih 150 warga korban banjir di Desa Ngemplik Wetan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak melakukan pemeriksaan kesehatan di posko kesehatan yang tersedia.

Adex Trisna relawan Magical Emergency Disasters and Adventure (MED-A) menyampaikan, posko kesehatan untuk para korban banjir Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak menggunakan sistem mobile. Sehingga, tidak bisa tinggal disatu wilayah banjir.

Baca Juga: Duh, Jalan Mijen Demak Terendam Banjir Sepanjang 1 Km, Kendaraan Mulai Dialihkan Lewat Grobogan 

“Posko kesehatannya memang bersifat mobile jadi berpindah-pindah ke lokasi banjir yang belum tersentuh. Sedangkan di Desa Ngemplik Wetan sendiri ini sudah kedua kalinya datang, terhitung sejak hari Senin kemarin,” jelas Adex, Selasa (13/02/2024).

Adex mengatakan, hari pertama ketika banjir datang difokuskan untuk melakukan evakuasi para warga korban banjir dahulu. Sebelum akhirnya, melakukan pemulihan mengenai kesehatan warga.

“Mengenai keluhan warga korban banjir masih ringan mulai dari pilek, batuk, gatal-gatal, pegal, dan ispa (Infeksi Saluran Pernapasan). Kemudian, hipertensi mayoritas yang terkena adalah lanjut usia (lansia),” ujarnya.

Dirinya menyebutkan, hingga saat ini belum ada keluhan berat yang dialami oleh para pasien korban banjir. Namun, Adex mengatakan beberapa korban banjir memiliki penyakit bawaan seperti penyakit kronis dan darah tinggi.

“Tapi selain karena bawaan juga bisa disebabkan kecapaian karena aktivitas di tengah banjir, selain itu juga bisa diakibatkan stres dan kurang istirahat,” ucapnya.

Baca Juga: Korban Banjir Demak Mulai Selamatkan Motor yang Terendam Banjir Hampir Sepekan

Adex menuturkan hingga sekarang belum ada gejala penyakit diare yang dialami para korban banjir. Namun, menurutnya kemungkinan penyakit diare akan dialami oleh warga korban banjir yang disebabkan, sanitasi kurang baik serta pola makan yang kurang baik juga.

“Nantinya kami juga akan terus melakukan pemeriksaan kepada korban banjir yang tidak mengungsi di posko pengungsian menggunakan armada perahu karet dan mobil jeep,” tambahnya.

Editor: Haikal Rosyada

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER