31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Wisata Religi Makam Sunan Kalijaga Sumbang PAD Demak 2023 Rp3,7 Miliar

BETANEWS.ID, DEMAK – Wisata religi Makam Sunan Kalijaga, di Kelurahan Kadilang, Kecamatan/Kabupaten Demak menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Demak tahun 2023 sebesar Rp3,7 miliar. Capaian itu melampaui target 2023 sebesar Rp2,9 miliar.

Salah satu momen penyumbang PAD terbesar adalah saat hari libur. Bahkan, saat libur sekolah dan natal dan tahun baru (nataru), jumlah kunjungan di makam wali songo itu mencapai ratusan ribu orang.

Kepala Bidang Objek Daya Tarik Wisata, Dinas Pariwisata Demak, Masruroh, mengatakan, dari laporan per 1 Januari 2024, angka kunjungan wisata religi di Makam Sunan Kalijaga mencapai 285.280 orang. Jumlah ini bahkan masuk dalam peringkat pertama kunjungan wisata religi terbanyak di Jawa Tengah.

Baca juga: Libur Tahun Baru, Peziarah Makam Sunan Kalijaga Meningkat

“Makam Sunan Kalijaga menempati rangking pertama di Jawa Tengah sejumlah 285.280. Setelahnya ada Masjid Syekh Zayed Solo di rangking dua,” katanya saat ditemui di kantornya, Rabu (3/1/2024).

Menurutnya, peningkatan peziarah dimulai sejak libur sekolah pada 15 Desember sampai puncak liburan 25-31 Desember 2023. Pengunjung kebanyakan datang dari luar daerah.

“(Pengunjung) itu terdiri dari peziarah dalam kota dan luar kota, luar Jawa. Lokalan Demak juga banyak,” beber dia.

Baca juga: Ganti Slambu Makam, Puncak Acara Haul Sultan Fatah Demak

Mengetahui prestasi itu, ke depan pihaknya akan berupaya menarik banyak lagi wisatawan di luar wisata religi, salah satunya melalui desa wisata.

“Kami pada 2024 mau nambah destinasi penunjang. Jadi orang datang ke Demak tidak hanya ke Masjid Agung dan Makam Sunan Kalijaga saja. Tapi mungkin ada destinasi wisata yang lain,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER