31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Ganti Slambu Makam, Puncak Acara Haul Sultan Fatah Demak

BETANEWS.ID, DEMAK – Serangkaian acara haul ke-521 Sultan Fatah Demak telah berlangsung beberapa hari. Kemudian pada Senin (25/12/2023) menjadi puncak acara penggantian slambu atau kain penutup makam setiap tanggal 13 Jumadil Akhir, dan telah dilalukan kedua kalinya.

Prosesi penggantian slambu makam Sultan Fatah berlangsung dengan khidmat. Para pejabat pemerintahan Demak, ulama, kiai, dan Perhimpunan Pemangku Makam Aulia (PPMA) se-Jawa Madura turut menghadiri acara tersebut.

Baca Juga: Berdiri Sejak 1910, Kantor Dinas Pariwisata Demak Ternyata Bekas Gudang Opium Belanda

Bupati Demak, Eistianah mengaku bersyukur bisa terlibat dalam acara haul Sultan Fatah. Menurutnya, dengan adanya perayaan ini sebagai wujud mengenang jasa perjuangan leluhur zaman dulu dalam mengembangkan kerjaan Islam pertama di pulau Jawa.

“Kita selalu berdoa, dan (mengenang) perjuangan beliau dahulu pada kerajaan Islam pertama, merangkul masyarakat dengan segala perbedaannya, tentunya kita ingin meneruskan perjuangan beliau,” katanya pada awak media.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Agung Demak, Abdullah Syifa menerangkan ada tiga makam yang dilakukan penggantian slambu, yaitu Makam Sultan Fatah dan kedua putranya Sultan Pati Unus dan Sultan Trenggono.

“Filosofinya, kita sebagai anak kepada bapak itu harus menghargai. Jadi kalau kita ibaratkan luwur itu pakaian kita ganti. Untuk bapak kita, untuk pendahulu kita yaitu ketiga sultan ini,” terangnya.

Sedangkan kain bekas penutup makam Sultan Fatah saat ini masih disimpan oleh yayasan. Kedepannya, pihaknya akan melakukan lelang agar dapat digunakan kembali oleh masyarakat.

Baca Juga: Harapan Kiai Kampung Demak Jika Cak Imin Menang Pemilu 2024

“Kemarin itu sebenarnya ada masukan-masukan dilelang daripada barang itu tidak digunakan. Itu kan penuh keberkahan, barangkali ada yang membutuhkan, ” ujarnya.

Acara Haul Sultan Fatah, akan diakhiri dengan pengajian akbar yang digelar nanti malam, dihadiri ulama terkemuka nusantara yakni, Habib Ali Zainal Abidin bersama grup shawalat Az Zahir Pekalongan dan Prof. Dr. Kiai Aqil Sirodj dari Jakarta.

Editor: Haikal Rosyada

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER