31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Retribusi Wisata Religi Makam Sunan Kalijaga Dihapus, Ini Alasannya

BETANEWS.ID, DEMAK – Kabar penghapusan aturan retribusi wisata religi di kawasan Makam Sunan Kalijaga menjadi pertanyaan publik. Pasalnya, sebelum itu pengelolaan wisata dipegang langsung oleh Dinas Pariwisata (Dinparta) Demak.

Diketahui kebijakan tersebut mulai berlaku per tanggal 1 Januari 2024, Dinparta Demak secara resmi tidak menarik retribusi wisatawan di Makam Sunan Kalijaga. Kemudian diambil alih oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Demak diganti dengan penarikan retribusi parkir.

Baca Juga: Retribusi Wisata Sunan Kalijaga Dihapus, Dinparta Demak: Jika Ada Pungutan Bukan Tanggungjawab Pemkab

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Demak Akhmad Sugiharto, keluarnya kebijakan tersebut bukan tanpa alasan. Ia memaparkan bahwa berdasarkan aturan baru, melalui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, pemerintah kabupaten (Pemkab) Demak tidak lagi menarik retribusi wisatawan religi di area Makam Sunan Kalijaga. Adanya Perda itu merupakan bentuk perubahan dari Perda Nomor 8 Tahun 2010 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga.

“Retribusi tidak diperbolehkan oleh pusat. Bukan Pemda yang sengaja menghapus tapi memang aturan tidak boleh,” katanya melalui pesan singkat, Rabu (10/1/2024).

Ia menyebut, kebijakan tersebut tidak berlaku di dua tempat wisata. Yakni, Tembiring Jogo Indah dan parkiran TIC atau Pujasera Masjid Agung Demak.

“Jadi aturan yang baru memang tidak boleh menarik retribusi pengunjung, untuk parkir Tembiring tetap ada hanya saja tidak retribusi (wisata) tapi parkir khusus di area wisata,” terangnya.

Baca Juga: Restribusi Uji KIR Dihapus, Demak Bakal Kehilangan PAD Rp1 Miliar

Ketika dimintai keterangan lanjut, mengenai detail aturan tersebut Ia menyarankan untuk mengkonfirmasi langsung ke Kabag Hukum Sekda Demak. Betanews.id sudah mencoba menghubungi, namun pihaknya baru bisa meluangkan waktu besok, Kamis (11/1/2024).

Diberitakan sebelumnya, Dinparta Demak menegaskan tidak lagi menarik retribusi wisatawan di area Makam Sunan Kalijaga. Sehingga apabila ada pungutan pengunjung, hal itu di luar dari tanggungjawab Pemkab.

Editor: Haikal Rosyada

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER