31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Restribusi Uji KIR Dihapus, Demak Bakal Kehilangan PAD Rp1 Miliar

BETANEWS.ID, DEMAK – Dinas Perhubungan (Dishub) Demak telah resmi menghapus restribusi uji kendaraan bermotor atau KIR terhitung mulai tanggal 2 Januari 2024. Atas hal tersebut pemerintah kabupaten (Pemkab) Demak bakal berpotensi kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp1 miliar.

Kepala Dishub Demak Arief Sudaryanto mengatakan bahwa kebijakan tersebut tertuang dalam UU Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Peraturan Pemerintah RI Nomor 35 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, serta Peraturan Daerah Kabupaten Demak Nomor 12 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Baca Juga: Ribuan Lembar Surat Suara PPWP dan DPD Tiba di Demak

“Tidak ada biaya (KIR), karena kita tidak menarik lagi retribusi mulai 2 Januari 2024 sesuatu ketentuan tersebut,” katanya, Selasa (9/1/2024).

Menurutnya, apabila mengacu biaya layanan uji KIR tahun kemarin, Dishub Demak dapat menyumbang PAD Rp1 miliar. Akan tetapi, karena ada peraturan baru maka biaya layanan uji kir dihapuskan.

“Memang kalau secara hitung-hitungan itu kita tahun kemarin Rp1 miliar, jadi potensi (hilang dari) retribusi uji kendaraan bermotor,” ujarnya.

Meskipun begitu, ia menyebut PAD dari Dishub dipastikan aman. Sebab, setiap tahunnya Pemkab Demak melakukan perencanaan anggaran.

“Saya kira pemerintah daerah sudah ada gambaran (perencanaan) dalam pelaksanaan (APBD),” terangnya.

Baca Juga: Dishub Demak Ambil Alih Retribusi Parkir Wisata Religi, Pengunjung Tidak Dikenai Tiket Masuk

Ia berharap dengan adanya aturan baru, para pemilik kendaraan bermotor lebih tertib dalam melakukan uji KIR, sehingga pengemudi terjamin keselamatannya.

“Kita harapkan tidak ada kejadian (kecelakaan) karena masalah kendaraan jadi tidak ada alasan untuk tidak uji KIR,” paparnya.

Editor: Haikal Rosyada

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER