31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Pemkab Kudus Segera Revitalisasi 8 Pasar Tradisional, Segini Anggarannya

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan merevitalisasi delapan pasar tradisional, yaitu  Pasar Kliwon, Bitingan, Mijen, Ngembalrejo, Kalirejo, Wates, Jember, dan Baru. Anggaran untuk proyek ini mencapai Rp5,7 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapaan dan Belanja Daerah (APBD) dan Dana bagi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Penjabat (Pj) Bupati Kudus, M Hasan Chabibie, menjelaskan, revitalisai ini merupakan upayanya untuk mendorong kembali geliat ekonomi masyarakat dari sektor perdagangan. Proyek ini diharapkan bisa menjadikan pasar sebagai tempat yang layak dan nyaman dalam melakukan transaksi jual beli.

Baca juga: Inspektorat Kudus Temukan Penyelewengan Anggaran di 9 Desa, dari Markup hingga Kurangi Spek

“Salah satu kenyamanan dalam berniaga adalah dengan tersedianya fasilitas yang memenuhi. Revitalisasi pasar jadi langkah kami dalam membangkitkan ekonomi,” jelasnya saat menghadiri kegiatan Pembinaan dan Dialog Bersama Pedagang di Gedung Taman Budaya, Bae, Kudus, Selasa (23/1/2024).

Berdasarkan data yang diterima dari OPD terkait, Kabupaten Kudus setidaknya memiliki sebanyak 13.437 masyarakat berprofesi sebagai pedagang yang tersebar di seluruh pasar tradisional di wilayah Kudus. Tentu jumlah tersebut menjadikan sektor ekonomi menjadi jantung karena memiliki perputaran uang begitu besar hingga mencapai Rp366 miliar per bulannya.

“Angka yang fantastis dalam perputaran perekonomian untuk sebuah kabupaten/kota. Maka tak heran sektor perekonomian menjadi jantungnya Kabupaten Kudus,” ucapnya.

Baca juga: Waspada! Puluhan Koperasi di Kudus Dinyatakan Tidak Sehat

Selain itu, Kudus juga mampu mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp10,8 miliar di 2023 hasil realisasi retribusi yang akan dikembalikan lagi untuk pembangunan.

“Sementara ini ada delapan pasar yang akan direvitalisasi, baik menggunakan Dana cukai maupun menggunakan APBD,” sebutnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER