31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

PD Percetakan Kudus Belum Berniat Minta Penyertaan Modal ke Pemkab, Ini Alasannya

BETANEWS.ID, KUDUS – Kinerja Perusahaan Daerah (PD) Percetakan Kabupaten Kudus pada 2023 cukup positif, karena mampu mencapai target laba yang dibebankan. Meski begitu, Perusahaan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus itu belum berniat minta penyertaan modal.

Direktur PD Percetakan, Harun Rasyid, menyampaikan, alasannya tak meminta penyertaan modal karena masih ingin membuktikan kepada Pemkab Kudus bahwa perusahaan ini benar-benar sehat, sehingga tiap tahun bisa memberikan kontribusi ke Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Sudah cukup lama kondisinya memprihatinkan. Alhamdulillah sejak saya pimpin, PD Percetakan Kudus mulai membaik. Tapi hingga saat ini, saya belum terpikirkan untuk minta penyertaan modal dari Pemkab Kudus,” ujar Harun saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Baca juga: PD Percetakan Kudus Akhirnya Penuhi Target Laba Rp164 Juta di 2023

Harun mengungkapkan, sebenarnya untuk alokasi penyertaan modal bagi PD Percetakaan masih ada dana kurang lebih Rp2,3 miliar. Namun menurutnya, penyertaan modal belum begitu diperlukan.

“Sembari berjalan nanti kita lihat. Jika memang sudah dirasa pantas mengambil penyertaan modal nanti kita ajukan,” bebernya.

Mendapatkan penyertaan modal tidak serta merta membuatnya senang. Sebab, itu sama dengan dihutangi oleh pemerintah daerah dan tentu harus dikembalikan. Menurutnya, semakin banyak modal yang diberikan harus bisa mengimbanginya dengan pendapatan yang masuk.

“Jika tidak bisa menyeimbangkan antara penyertaan modal dan pemasukan, malah akan jadi beban perusahaan. Ibaratnya kita bunuh diri. Kerana menjalankan Perusda itu tidak boleh sembarangan karena kita terikat beberapa aturan,” jelasnya.

Baca juga: Sejarah Percetakan Menara Kudus, Salah Satu Penerbit Alquran Tertua di Indonesia

Oleh karenanya, lanjut Harun, di tahun ini pihaknya masih ingin fokus pada penyehatan perusahaan. Ia pun bersyukur sejak memimpin, PD Percetakan Kudus makin sehat dan itu akan dipertahankan dulu, sambil terus memenuhi target-target yang dibebankan kepada perusahaan.

“Kita lihat setahun ini, jika memang benar-benar butuh penyertaan modal baru, maka akan kita lakukan di tahun depan,” ungkapnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER