31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Kronologi Satu Nelayan Wedung Demak Hilang di Tengah Laut

BETANEWS.ID, DEMAK – Faktur Rozi (58), nelayan Desa Mandung, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak dinyatakan hilang saat mencari ikan di tengah laut. Saat ini, statusnya masih dalam tahap pencarian oleh tim gabungan dan relawan.

Kabid Kedaulatan Logistik dan Peralatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak, Suprapto, mengatakan, kejadian itu terjadi pada Rabu, (17/1/2024). Hilangnya Rozi diketahui pada pukul 9.15 WIB saat dua orang nelayan atau saksi menemukan perahu sopek berputar-putar tanpa dikendalikan seorang awak. Kemudian oleh warga berinisiatif menarik perahu tersebut ke Desa Betahwalang, Kecamatan Bonang.

Setelah saksi menghubungi nelayan di wilayah Wedung, perahu dibawa ke TPI Wedung untuk dievakuasi dan melaporkan kejadian tersebut kepada tim gabungan.

Baca juga: Gelombang Laut Tinggi, Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Jepara Langsung Merosot

“Setelah itu, melaporkan kepada kami sekitar pukul 17.00 WIB. Hari Rabu sore sudah laporan ke kami, kepada Polairud juga. Malam kita melakukan koordinasi dengan dinas terkait dan perangkat desa serta nelayan, sehingga untuk ditetapkan hilang di tengah laut,” katanya saat ditemui di kantornya, Jumat (19/1/2024).

Dari hasil tinjauan di lapangan, pihaknya memastikan hanya satu orang yang dinyatakan hilang. Korban yang merupakan seorang nelayan kecil, memiliki keseharian mencari ikan di laut.

“Yang dipakai itu (perahu) memang satu orang, berangkat orangnya itu sendirian, biasa setiap hari dia mencari itu (ikan) sendirian dengan satu perahu,” ujarnya.

Suprapto menduga, hilangnya nelayan Wedung disebabkan karena tergelincir saat menjaring ikan, sehingga mengakibatkan tubuhnya tidak seimbang dan tercebur ke dalam laut. Selain itu, ia juga memperkirakan kejadian itu terjadi saat Subuh. Korban yang mengantuk dan tertidur di atas perahu lalu terjatuh ke laut.

Baca juga: Ditangkap Polisi, Pelaku Begal Payudara di Demak Ngaku Beraksi Karena Iseng

“Karena perahu juga tidak ada yang menjaga, sehingga ketika sesuai pada saat perahu ditemukan itu perahu juga dalam posisi memutar,” paparnya.

Untuk saat ini, BPBD Demak dan tim gabungan lainnya masih berupaya melakukan pencarian. Akan tetapi, karena terkendala cuaca maka proses tersebut ditunda hingga keadaan laut aman untuk dilalui.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER