31 C
Kudus
Jumat, Juni 21, 2024

Ganjar Janjikan Petani Mudah Dapat Pupuk Subsidi Cuma Pakai KTP, Kartu Tani Dihapus

BETANEWS.ID, DEMAK – Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo menemui seribuan petani di Desa Wilalaung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Selasa (2/1/2024). Sesampainya di tempat, capres nomor urut tiga itu langsung mengecek tempat penggilingan padi dan kemudian mengajak mereka berdialog.

Salah satu petani, Kustini, mengaku masih kesulitan mendapatkan pupuk subsidi, sehingga ia harus membeli pupuk nonsubsidi yang harganya lebih mahal. Padahal, ia juga harus membayar Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Mendengar keluhan itu, mantan Gubernur Jawa Tengah ini berjanji akan mempermudah pasokan pupuk subsidi di tingkat petani. Dia berjanji akan menghapus Kartu Tani dan menggantinya dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

-Advertisement-

Baca juga: Yakin Menang Satu Putaran, TPN Ganjar-Mahfud Tak Khawatir Suara Tergerus Gibran

“Kartu Tani dihapus saja jadikan satu pakai KTP. Tapi saya pesan pada panjenengan, insyaallah kita tambah subsidi pupuknya agar kebutuhan tercukupi,” tegas Ganjar.

Selain itu, ia juga menyampaikan akan menambah pasokan pupuk subsidi jika dirinya jadi Presiden 2024. Sehingga ke depanya, kualitas petani bisa unggul tanpa eskpor beras dari luar negeri lagi.

Baca juga: Inginkan Keberlanjutan Kepemimpinan Jokowi, Ratusan Petani di Pati Dukung Ganjar-Mahfud

“Mudah-mudahan panennya baik maka soal pupuk kita sudah mulai menghitung kita butuh paling tidak tiga pabrik. Jadi kalau hari ini kurang maka kondisinya berbahaya untuk produksi kemudian hari. Sat set ya,” ujarnya.

Sementara mengenai keluhan utang, ia mengaku masih mengkaji mengenai permasalahan tersebut dan berupaya mendukung kesejahteraan petani lewat program pemutihan utang petani.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER