31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Tidak Boleh Lagi Ada Tes Calistung Masuk SD, Siswa PAUD Harus Merdeka Bermain (5)

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler, di mana peserta didik memiliki waktu untuk mendalami konsep serta menguatkan kompetensi masing-masing anak. Kurikulum ini tidak hanya berlaku untuk Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi, tapi juga berlaku untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang juga disebut dengan merdeka bermain.

Hal ini dinyatakan oleh Arini Budi Utami, Kepada Bidang (Kabid) PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, kepada Betanews.id, saat ditemui di kantornya, beberapa waktu lalu.

Di setiap sekolah memiliki pengawas dan penilik. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai pengadaan tes calistung di SD

Arini Budi Utami | Kabid PAUD dan Dikmas Disdikpora Kudus

Dia menjelaskan, proses pembelajaran di PAUD memiliki tujuan agar anak memiliki persepsi bahwa belajar itu menyenangkan dan bukan memberatkan. Dalam Kurikulum Merdeka ada tiga kategori, yakni merdeka belajar, merdeka berubah, dan terakhir merdeka berbagi. Tetapi, untuk pelaksanaan disesuaikan dengan kesiapan lembaga pendidikan yang ada.

Baca juga: PAUD di Undaan Ini Disebut Mirip di Jepang, Fasilitas Lengkap dan Menyenangkan (4)

“Untuk tahun 2023 ini kami belum bisa memutuskan untuk semua sekolah menggunakan Kurikulum Merdeka. Sehingga, kembali lagi pada kesiapan setiap sekolahnya,” jelas Arini Budi Utami selaku Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Kudus.

Ketika disinggung tentang tes baca, tulis, dan berhitung (calistung) yang sudah dihapus untuk masuk ke SD, ia mengatakan sudah sering menyosialisasikan hal tersebut baik ditingkat PAUD maupun SD. Sebab, Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim telah resmi melarang tes calistung masuk SD pada tahun ajaran 2023. Larangan tersebut juga sejalan dengan  Peraturan Mendikbudristek Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB.

“Saya selalu mengingatkan jangan sampai ada tes calistung untuk masuk SD. Seperti yang kita tahu pelajaran calistung seharusnya diajarkan saat masuk sekolah dasar. Sebab, anak usia dini tidak boleh diajarkan calistung dengan cara drilling atau memaksa mereka untuk bisa,” bebernya.

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER