31 C
Kudus
Kamis, Mei 23, 2024

Latihan Mbatil Rokok Kretek di Sela-Sela Pembagian BLT, Pj Bupati Kudus: ‘Ternyata Susah’

BETANEWS.ID, KUDUS – Penjabat (Pj) Bupati Kudus Bergas C Penganggungan menyerahkan secara simbolis bantuan langsung tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kepada puluhan ribu buruh rokok di Kudus, Selasa (12/12/2023).

Penyaluran BLT secara simbolis dilakukan di pabrik PT Djarum sigaret kretek tangan (SKT) Sidorekso, Kecamatan Kaliwungu, Kudus. Setelah penyerahan BLT, Bergas kemudian melihat proses pembuatan rokok kretek tangan di pabrik tersebut.

Sembari tetap bekerja, para buruh rokok itu pun menyambut orang nomor satu di Kudus dengan sapa dan senyuman. Bergas pun takjub melihat kecepatan tangan para buruh saat memproduksi rokok kretek.

-Advertisement-

Baca juga: Dapat BLT Cukai, Buruh Rokok di Kudus Diminta Tak Beli Skincare

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah itu pun kemudian penasaran dan mencoba membatil rokok kretek. Namun rupanya, prosesnya tak mudah seperti yang dibayangkannya. Bahkan, Bergas gagal berulang kali hanya untuk membuat satu batang rokok kretek.

Bergas harus mencoba sampai empat kali untuk berhasil membuat satu batang rokok kretek. Setelah berhasil, ia pun tampak senang dan memamerkan hasil produksinya ke awak media.

“Ternyata susah. Hasilnya tetap masih bagus yang dibikin ibu-ibu buruh rokok. Bikinanku, lintinganya masih kegedean,” ujar Bergas.

Di sisi lain, Bergas mengatakan, kesejahteraan para buruh rokok di Kabupaten Kudus terus diupayakan, satu di antaranya melalui BLT dana cukai.

Alhamdulillah BLT tahap III yang berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sudah cair. Ini bentuk kepedulian kami untuk masyarakat,” bebernya.

Baca juga: Bergas Berkomitmen Majukan Dunia Olahraga di Kudus

Bergas mengungkapkan BLT tersebut berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Banyaknya pekerja rokok di Kudus menjadikan jatah BLT lebih banyak dari daerah lain. 

“Kami mengapresiasi Pemprov Jateng sehingga BLT III dapat dinikmati buruh rokok di Kudus,” katanya.

Pihaknya menjelaskan, BLT buruh rokok yang berasal dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus juga akan segera diberikan. Data buruh rokok penerima BLT telah terverifikasi.

“BLT dari Pemkab Kudus juga akan segera cair,” imbuh Bergas.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER