31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Ketua DPRD Pati Sebut Idealnya Pengisian Perades Dilakukan Bulan Ini

BETANEWS.ID, PATI – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati, Ali Badruddin meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati agar merevisi Perbup Nomor 55 Tahun 2021 tentang Pengisian Perangkat Desa segera diselesaikan. Dengan begitu, pengisian perangkat desa dapat segera dilaksanakan.

“Harapan kami, kalau Perbup 55 itu sudah turun dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri), untuk segera diundangkan, untuk segera ditindaklanjuti. Sehingga bisa segera dilakukan pengisian perangkat desa,” ujar Ali Badrudin, Kamis (30/11/2023).

Ali menyebut, saat ini ada ratusan jabatan kursi perangkat desa di Pati yang mengalami kekosongan. Menurutnya, hal tersebut berdampak terhadap pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Dicecar Soal Revisi Perbup Pengisian Perades, Sekda Pati: ‘Sudah di Pak Bupati, tapi Beliau Sibuk’

“Karena yang kosong ini ada 676 jabatan perangkat desa. Ini eman-eman. Karena mengganggu kinerja pemerintah desa. Kemudian yang kedua bisa mengurangi pengangguran bagi yang belum punya pekerjaan,” imbuhnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu berharap, ratusan kursi perangkat desa yang itu dapat diisi pada tahun ini. Apalagi pihaknya sudah seringkali menyampaikan dan menekan hal itu kepada Pemkab Pati.

“Kami sudah menyampaikan kepada Pak Pj Bupati untuk segera dilakukan pengisian perangkat desa pada 2023 ini. Karena 2024 momennya sudah beda. Pileg, Pilpres, dan Pilkada,” ucapnya.

Menurut Ali, idealnya pengisian perangkat perangkat desa memang sudah dilaksanakan pada Desember ini, sehingga nantinya pelantikan bisa dilakukan pada Januari 2024 mendatang. Oleh karenanya, revisi Peraturan Bupati (Perbup) 55 tentang Pengisian Perangkat Desa ini, memang menjadi pertanyaan dari dewan, sebab tak kunjung selesai.

Sementara, Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro, memastikan bahwa pengisian perangkat desa segera digelar. Ia mengaku sudah menandatangani Perbup Nomor 55 Tahun 2021.

Baca juga: Banyak yang Kosong, DPRD Pati Minta Pengisian Perangkat Desa Dilakukan Tahun Ini Juga

“Kita sudah tandatangani Peraturan Bupati (Perbup) yang terbaru. Pengisian saya serahkan ke desa lah. Aku tidak urusan lagi,” ungkap Henggar.

Pihaknya pun memastikan pada Januari 2024 mendatang ratusan kursi perangkat desa di Kabupaten Pati sudah terisi. Apalagi pihaknya sudah menganggarkan Penghasilan Tetap (Siltap) bagi perangkat desa.

“Pengisian perangkat desa bisa Desember ini atau Januari. Kita lihat situasi,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER