31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Jaladara Art Exhibition, Jalan Seniman Perempuan Jepara Dipandang Setara dengan Laki-Laki

BETANEWS.ID, JEPARA – 14 Seniman perempuan Kabupaten Jepara menggelar Jaladara Art Exhibition di Aula Museum RA Kartini Jepara. Pemeran dengan tema “About Us” itu untuk mengapresiasi dan memberi ruang pada para seniman perempuan.

Ketua panitia Jaladara Art Exhibition, Linda Natalia, mengatakan, selama ini apresiasi terhadap seniman perempuan belum terlihat. Mereka sering dianggap sebagai peran pelengkap dan hanya membantu seniman laki-laki.

Tak hanya itu, ruang karya juga kurang diperhatikan. Padahal, seniman perempuan juga mempunyai potensi yang besar dan mampu berkarya seperti seniman laki-laki.

Baca juga: Komunitas Sekolah Inklusi Jepara Gelar Gebyar Inklusi 2023

“Selama ini, mungkin perempuan kurang mendapat ruang. Potensi mereka dipendam dan tidak ada yang mengapresiasi karya mereka,” katanya, Jumat (22/12/2023) malam.

Ia berharap, Jaladara Art Exhibition dapat menjadi ruang dan wadah bagi banyak perempuan di Jepara untuk mengembangkan potensi dan menciptakan karya-karya terbaik.

“Harapan kami setelah ini semakin banyak perempuan yang mau memperjuangkan hak dan karyanya, para seniman perempuan lebih diperhatikan didampingi dan diapresiasi setinggi-tingginya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, Muh Eko Udiyyono, mengapresiasi pameran Jaladara Art Exhibition.

Menurutnya, semangat untuk mengangkat perempuan di Jepara melalui pameran seni tersebut perlu disebarluaskan. Terlebih, belum lama ini Jepara juga mendapat penghargaan dengan diangkatnya Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional.

Baca juga: Viral Masjid di Mulyoharjo Jepara, Bangunannya Menyerupai Ka’bah

“Semangat dan patriotisme menjadi pelecut dan efek domino untuk bergerak. Semangat ini bisa ditularkan kepada semua perempuan,” kata Eko.

Dia juga mengajak para perempuan untuk berekspresi dan berkarya. Makanya, Jaladara diharapkan dapat membuat perempuan semakin berdaya dan terangkat derajatnya.

“Gender selalu kita pantau. Pemda Jepara sudah sangat mendukung. Semoga semakin berkembang dan terkenal, menampung ekspresi, seni dan apresiasi bagi seniman perempuan,” tandas Eko.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER