31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Bawaslu Demak Masih Kesulitan Awasi Kampanye Terselubung

BETANEWS.ID, DEMAK – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Demak mengaku masih kesulitan mengawasi kampanye terselubung, terutama dalam kegiatan keagamaan yang digelar di lingkungan masyarakat.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi (PP Datin) Bawaslu Demak, Kusfitria Marstyasih, mengungkapkan, masih banyak peserta Pemilu 2024 yang tidak melaporkan kegiatan kampanye di desa, seperti kegiatan pengajian kampung dan pertemuan arisan.

“Harusnya kan ada pemberitahuan gitu, meskipun pemberitahuannya bahwa kami akan berkampanye tapi di momen gini. Kayak gitu saja sih,” katanya, Jumat (29/12/2023).

Baca juga: Tak Sesuai Aturan, Bawaslu Demak Tertibkan Ribuan APK Parpol

Menurutnya, pengawasan saat pengajian kampung lah yang masih menjadi kendala besar bagi Bawaslu Demak. Sebab, seringkali kegiatan tersebut memiliki maksud kampanye terselubung yang dilakukan oleh peserta Pemilu.

“Sulitnya pengawasan pengajian kampung ini tidak hanya di Demak, tapi juga PR (pekerjaan rumah) bersama, karena itu agak sulit,” terangnya.

Kusfitria menyebut, kampanye terselubung justru disadari saat pengajian kampung sudah berlangsung. Sehingga, ini yang menjadi evaluasi dan kajian kembali untuk Bawaslu Demak dalam melakukan pengawasan.

“Teman-teman kelurahan itu tahunya pas sudah selesai, jadi kan tidak ada pengawasan akhirnya lolos dari situ, yang tadinya belum jadi PKD semua info masuk, begitu sudah jadi PKD disapih,” paparnya.

Baca juga: Terpasang di Pohon dan Tiang Listrik, Ribuan Baliho Dibabat Bawaslu Jepara

Meskipun begitu, hingga saat ini Bawaslu Demak belum menerima laporan mengenai kampanye terselubung lewat pengajian kampung maupun pengajian umum. Hanya saja, ke depannya pengawasan kegiatan Pemilu 2024 lebih diperketat kembali untuk mencegah hal itu terjadi.

“Belum sampai ke kami, karena kan sudah pintar-pintar dalam menggaet (pengawasan) sulit juga, mana yang masuk money politic mana yang tidak jadi membutuhkan kumpul bersama,” ujarnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER