31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Personel Terbatas, Bawaslu Pati Libatkan Mahasiswa untuk Pengawasan Kampanye di Medsos

BETANEWS.ID, PATI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pati melibatkan mahasiswa dan Saka Adhyaksa dalam pengawasan kampanye di media sosial. Mereka ini tergabung dalam gugus tugas dengan jumlah personil 25 orang untuk mahasiswa dan 10 orang untuk Saka Adhyaksa.

Menurut Ketua Bawaslu Pati, Supriyanto, pelibatan mahasiswa dalam proses pengawasan kampanye di media sosial tersebut, di antaranya karena faktor terbatasnya personel di Bawaslu Pati.

“Kami dari jajaran Bawaslu ini kan jumlahnya terbatas. Mulai dari Bawaslu Kabupaten, Sekretariat Panwascam hingga PKD ini totalnya hanya 657 orang. Maka, saat memastikan metode kampanye lainnya tetap berjalan, maka kami dibantu mahasiswa yang tergabung dalam gugus tugas pengawasan konten internet yang jumlahnya 25 orang,” ujar Supriyanto, Rabu (29/11/2023).

Baca juga: Bawaslu Pati Gencarkan Patroli Siber, Awasi Ketat Dugaan Pelanggaran Kampanye

Kemudian, pihaknya juga dibantu 10 orang dari Saka Adhyaksa yang konsen terhadap pengawasan kampanye di media sosial. gugus tugas pengawasan kampanye di media sosial itu, sudah dibekali dengan pemahaman terkait kampanye.

“Ketika mereka nantinya menemukan dugaan pelanggaran, maka akan melaporkan ke kami. Untuk selanjutnya akan kami tindaklanjuti,” ungkapnya.

Hingga saat ini, menurutnya belum ditemukan adanya dugaan pelanggaran terkait kampanye yang dilakukan peserta pemilu atau tim di media sosial.

Baca juga: KPU Pati Ingatkan Peserta Pemilu untuk Laporkan Dana Kampanye

Sementara itu, Muhammad Aim, salah satu mahasiswa yang tergabung dalam gugus tugas mengaku senang bisa dilibatkan dalam proses pengawasan pemilu.  Sampais aat ini, pihaknya belum menemukan kendala yang berarti dalam proses pengawasan kampanye di media sosial.

“Saya dan kawan-kawan telah diberikan pemahaman terkait dengan pengawasan kamapanye di media sosial ini. Baik di Facebook, Instagram, YouTube, Twitter maupun TikTok,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER