31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Bawaslu Pati Gencarkan Patroli Siber, Awasi Ketat Dugaan Pelanggaran Kampanye

BETANEWS. ID, PATI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pati sudah mulai menggencarkan patroli siber di media sosial. Hal ini untuk melakukan pengawasan adanya dugaan pelanggaran kampanye melalui media sosial.

Ketua Bawaslu Pati, Supriyanto, mengatakan, patroli siber tersebut dimaksudkan untuk melakukan pengawasan kampanye di media sosial, apakah sudah sesuai dengan peraturan atau belum.

“Jajaran dari Bawaslu Pati tentu memastikan, apakah kampanye di media sosial yang dilakukan peserta pemilu,  pelaksana kampanye dan tim kampanye sudah sesuai dengan peraturan perundangan atau belum,” ujar Supriyanto, Rabu (29/11/2023).

Baca juga: KPU Pati Ingatkan Peserta Pemilu untuk Laporkan Dana Kampanye

Dalam hal pengawasan kampanye di media sosial ini, Bawaslu juga dibantu mahasiswa dan Sama Adhyaksa yang tergabung dalam gugus tugas. Nantinya, apabila gugus tugas menemukan dugaan pelanggaran, maka akan diinformasikan kepada Bawaslu. Hal itu, kemudian akan menjadi informasi awal bagi Bawaslu.

“Dari informasi itu, kemudian kami akan menindaklanjutinya, apakah memang kampanye itu melanggar aturan atau tidak. Jadi, untuk penindakannya kami yang melakukan,” ucapnya.

Ia pun menyampaikan, bahwa konten-konten kampanye yang masuk kategori pelanggaran di antaranya adalah, menyinggung unsur SARA, hoaks hingga ujaran kebencian.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER