31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Dana BOS 30 SD Regroupping di Jepara Sudah Cair

BETANEWS.ID, JEPARA – 30 Sekolah Dasar (SD) regroupping di Kabupaten Jepara akhirnya bisa mencairkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahap II di tahun 2023. Pencairan dana tersebut dapat dilakukan hingga 31 Desember tahun ini. Setelah sebelumnya, pencairan Dana BOS sempat belum diizinkan karena dikhawatirkan melanggar aturan.

“Surat Keterangan Izin sudah diterbitkan Pak Pj. Bupati kemarin. Hari ini juga langsung kami sosialisasikan ke sekolah-sekolah,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Ali Hidayat pada Rabu (8/11/2023).

Baca Juga: Sempat Akan Menyerah, Tim Peneliti Justru Temukan Babak Baru Sejarah Indonesia

-Advertisement-

Menurutnya, surat tersebut merupakan syarat terakhir yang harus dipenuhi untuk dapat mencairkan dana BOS agar tidak berpotensi menjadi temuan kesalahan.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko pada bulan September lalu sempat memberikan lampu hijau kepada sekolah yang di regroupping untuk mencairkan dana BOS.

Namun harus dipastikan terlebih dahulu agar tidak ada silang pendapat antarlembaga terkait, mengenai keabsahan pencairan.

“Jangan sampai menjadi temuan kesalahan dalam pemeriksaan BPK. Maka kita antisipasi dengan menambah kelengkapan dokumen yang dibutuhkan,” kata Edy Sujatmiko.

Tim Manajemen BOS Kabupaten Jepara sebelumnya juga telah melakukan konsultasi ke tim BOS Kemendikbud serta BPK Perwakilan Jawa Tengah. Konsultasi juga diikuti unsur Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) serta Inspektorat Kabupaten Jepara.

Sesuai hasil konsultasi, pencairan dana BOS tahap II tahun 2023 di SD yang telah di-regrouping, menggunakan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) lama. Selain keterangan regrouping, syarat administratif tambahannya adalah izin kepala daerah.

Baca Juga: Ratu Kalinyamat Bakal Jadi Pahlawan Nasional

Sedangkan tahun depan, pencairan BOS di SD regrouping sudah menggunakan NPSN salah satu sekolah. Dalam Surat Keterangan Izin Nomor 033/4446 tanggal 6 November 2023 yang ditandatangani Penjabat Bupati Jepara, Edy Supriyanta, sekolah diizinkan melakukan pengelolaan aset dan dana BOS. Sedangkan pengelolaan sumber daya manusia, dilakukan sesuai kebutuhan.

Memasuki tahun Pelajaran 2023/2024, Kabupaten Jepara melakukan regrouping 63 SD menjadi 30 SD. Pada setiap SD gabungan, nomenklatur yang digunakan adalah nomor SD paling kecil. Dengan regrouping tersebut, jumlah SD negeri di Kabupaten Jepara yang semula 572, kini menjadi 539.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER