31 C
Kudus
Selasa, Desember 5, 2023

Perubahan APBD 2023 Demak Gagal Disahkan, Perkada di Depan Mata

BETANEWS.ID, DEMAK – Perubahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 Kabupaten Demak gagal disahkan. Lantaran keterlambatan pemberian berkas kepada pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Ketua DPRD Demak Sri Fahrudin Bisri Slamet, mengatakan perubahan APBD 2023 sebelumnya telah disahkan dalam rapat paripurna, Jumat (6/10/2023), akan tetapi karena sudah jatuh tempo Pemprov Jateng menolak untuk melakukan evaluasi.

Baca Juga: Sempat Molor MT 1, Wilayah Pertanian Demak Mulai Terairi

“Ada surat dari provinsi lalu pembahasan kita hentikan, menurut provinsi percuma saja dilanjutkan karena tidak akan dievaluasi,” katanya, Rabu (18/10/2023).

Tidak hanya itu, menurutnya alasan penolakan evaluasi juga dilihat dari Raperda APBD 2023 yang diusulkan tahun 2022, dinilai sudah bagus dan tidak membutuhkan perubahan lagi.

“Kalau perencanaan awal sudah bagus itu kan tidak perlu ada perubahan, terkait kebijakan umum dan lainnya sehingga bisa langsung diteruskan,” imbuhnya.

Akibatnya, alternatif yang bisa dilakukan oleh pemerintah kabupaten Demak dengan memberlakukan Peraturan Kepala Daerah (Perkada). Meskipun begitu, pihaknya memastikan program pembangunan masih bisa berjalan melalui Perda APBD 2023 yang sudah ditetapkan.

“Tetap ada, yang kemarin belum diselesaikan ya diselesaikan jadi pergeseran anggaran dimungkinkan, jadi ini namanya perkada,” ujarnya.

Baca Juga: Demak Targetkan Penanaman Padi di Lahan Seluas 48.000 Ha

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Akhmad Sugiharto mengaku akan segera melakukan pembahasan mengenai Perkada. Untuk saat ini pihaknya sedang mengupayakan melakukan koordinasi dengan OPD dan DPRD.

“InsyaAllah seminggu ke depan dari OPD ini hampir sudah, tinggal nunggu dari dewan mungkin harus ada yang digeser lewat resesnya. Kemarin yang tidak bisa dilaksanakan, silahkan digeser nanti kita tuangkan dalam perbub. Tapi apapun itu kita ada persetujuan dengan dewan terkait Perkada,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,303PengikutMengikuti
121,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER