31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Nasibnya Terancam Putusan PN Kudus, Garank 1: ‘Ibarat Bayi, Kelahiran Kami Tak Diharapkan’

BETANEWS.ID, KUDUS – Kuasa Hukum Gabungan Ranking (Garank) 1 Tes Seleksi Perangkat Desa (Perades), Sukis Jiwantomo menghormati putusan Pengadilan Negeri (PN) Kudus yang membatalkan hasil seleksi perades yang digelar oleh diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pilitik (FISIP) Universitas Padjajaran (Unpad). Namun, yang perlu diketahui bahwa putusan PN Kudus tersebut belum inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

“Artinya masih ada upaya hukum yang berupa banding. Oleh karenanya, kami berharap para tergugat melakukan banding,” ujar Sukis melalui siaran tertulisnya kepada Betanews.id, Jumat (6/10/2023).

Sukis juga menyinggung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, sebagai tergugat V, yang tak mau melakukan banding. Menurutnya, itu jelas ada keberpihakan pada pihak non-ranking 1 dari para tergugat dan sudah tampak sejak pengumuman hasil tes perades.

Baca juga: PJ Bupati Tak Ajukan Banding Putusan PN Kudus, Bagaimana Nasib Perades yang Terlanjur Dilantik?

“Sebagai contoh adanya gugatan panitia seleksi (Pansel) terhadap Universitas Padjajaran (Unpad). Ibaratnya seorang ibu yang tidak menginginkan kehadiran atas bayi yang dilahirkan,” bebernya.

Sukis juga menjelaskan, karena putusan tersebut belum inkrah, maka tidak bisa dimaknai dan digunakan sebagai yurisprudensi ataupun alasan bagi para kades lainnya untuk tidak melantik garank 1.

“Selain itu, putusan ini hanya berlaku bagi para pihak saja dalam perkara a quo, sehingga tidak bisa dirembeskan ke pihak-pihak lain atau desa lainnya,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER