31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

PJ Bupati Tak Ajukan Banding Putusan PN Kudus, Bagaimana Nasib Perades yang Terlanjur Dilantik?

BETANEWS.ID, KUDUS – Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Bergas C Penanggungan menyatakan tidak akan melakukan banding pada putusan Pengadilan Negeri (PN) Kudus yang membatalkan hasil tes Seleksi Perangkat Desa Kuwukan yang digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pilitik (FISIP) Universitas Padjajaran (Unpad).

Bupati Kudus merupakan tergugat ke V dalam sengketa hasil seleksi perades di Desa Kuwukan. Sementara tergugat lainnya adalah Unpad, Penitia, Kepala Desa Kuwukan, dan Camat Dawe. Sedangkan penggugat adalah peserta tes seleksi Perades Desa Kuwukan, Angga Kawiryan.

Bergas mengaku sudah mendengar putusan PN Kudus tersebut. Dia juga mengimbau agar semua pihak legowo menerima putusan tersebut.

Baca juga: PN Kudus Batalkan Hasil Tes Seleksi Perangkat Desa Kuwukan yang Digelar FISIP Unpad

“Tinggal semua pihak menerima semua. Sementara yang sudah terlanjur dilantik, proses sesuai prosedur saja. Kalau memang salah ya selesai,” ujar Bergas kepada awak media di Rumah Dinas Bupati Kudus, Kamis (5/10/2023).

Diberitakan sebelumnya, Angga Kawiryan memenangkan gugatan hasil tes seleksi perades di PN Kudus. Dengan putusan tersebut, hasil tes seleksi perades di Desa Kuwukan yang digelar FISIP Unpad dinyatakan batal.

Baca juga: Terkait Sengkarut Pelantikan Perades, Bergas: ‘Kekosongan Perangkat Desa Tak Jadi Persoalan’

Setelah ini, gugatan akan berlanjut ke PTUN Semarang untuk membatalkan perangkat desa yang terlanjur dilantik, dengan dasar putusan PN ini. Sementara yang belum dilantik dengan otomatis batal.

Meski begitu, Angga masih menunggu tergugat l dan tergugat V mengajukan banding sampai 14 hari setelah putusan PN Kudus pada Kamis (5/10/2023). Jika tak ada banding, maka putusan itu berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER