31 C
Kudus
Jumat, Juni 14, 2024

Lima Jabatan Komisioner KPU Jepara Masih Kosong

BETANEWS.ID, JEPARA – Akhir Masa Jabatan (AMJ) lima Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara telah berakhir pada Selasa, (23/10/2023) kemarin.

Yuyun Sri Agung, Sekretaris KPU Kabupaten Jepara menjelaskan bahwa untuk mengisi kekosongan tersebut pihak KPU RI sudah mengeluarkan surat edaran yang memerintahkan pihak KPU Provinsi Jawa Tengah untuk mengambil alih tugas, wewenang, dan kewajiban atas kekosongan jabatan yang ada di 23 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

Baca Juga: Lahan Perekonomian Terancam Hilang Akibat Normalisasi, Warga Minta Solusi

-Advertisement-

Sedangkan untuk pelaksanaan tugas sehari-hari akan dipegang oleh tim sekretariat KPU Kabupaten Jepara.

“Dari mulai tanggal 25 Oktober sampai dengan pelantikan anggota komisioner yang baru ini wewenangnya akan diambil oleh Komisioner KPU Jawa Tengah terkait kekosongan jabatan tadi,” katanya pada Rabu (25/10/2023) saat ditemui di Kantor Sekretariat KPU Kabupaten Jepara.

Ia kemudian menambahkan bahwa meskipun saat ini terjadi kekosongan jabatan tetapi tidak mengganggu proses penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota Legislatif yang akan segera di umumkan pada tanggal 4 November 2023 mendatang.

Semua proses menuju penetapan DCT hingga saat ini menurutnya masih dalam kondisi aman.

Untuk saat ini proses penetapan DCT masih pada tahap verifikasi data dari para Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) di Aplikasi Silon.

“Berkaitan dengan DCT nanti tanggal 4 November penetapan DCT-nya, dan untuk saat ini sedang finalisasi terhadap data caleg-caleg yang kemarin mendaftar,” tambahnya.

Kemudian saat disinggung terkait kapan pengumuman dari anggota Komisioner KPU terpilih nantinya ia belum mengetahui informasi tersebut.

Baca Juga: Sungai SWD di Welahan dan Kedung Jepara Akan Dinormalisasi, Bangunan Liar Bakal Ditertibkan

Namun menurutnya sebelum penetapan DCT, dipastikan sudah ada pengumuman terkait anggota komisioner KPU terpilih. Sebab sebelum pengumuman DCT akan ada rapat pleno yang wajib dihadiri oleh minimal tiga anggota komisioner KPU.

“Kalau sesuai informasinya sebelum pengumuman DCT sudah akan diumumkan anggota komisioner KPU yang baru, dan harapannya juga memang begitu agar kuota rapat pleno penetapan DCT juga bisa terpenuhi,” ujarnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER