31 C
Kudus
Sabtu, Juni 22, 2024

Kenyilnya Sate Aci Desa Purwogondo Jepara, Laku 600 Tusuk Sehari

BETANEWS.ID, JEPARA – Memiliki tekstur yang kenyal dipadukan dengan gurihnya bumbu kacang kental adalah magnet bagi pelanggan untuk mencicipi Sate Aci.

Nur Ikhsan (48), penjual Sate Aci yang berlokasi di depan MTS Darul Ulum, Desa Purwogondo, Kecamatan Kalinyamat, Kabupaten Jepara mengatakan bahwa Sate Aci terbuat dari adonan tepung kanji dan gandum.

Baca Juga: Pencairan Dana BOS di SD Jepara yang Menginduk Harus Hati-Hati

-Advertisement-

Adonan tersebut kemudian diberi bumbu berupa bawang putih, garam, dan penyedap rasa. Setelah semua tercampur kemudian di beri air dan di kukus sampai matang.

Sedangkan untuk bumbunya terdiri dari campuran kacang tanah yang digoreng, bawang merah, bawang putih dan cabai. Setelah digoreng semua bahan tersebut kemudian di blender jadi satu.

Lalu dimasak bersama dengan tepung beras yang sudah disangrai terlebih dahulu sehingga kemudian memiliki tekstur yang kental.

“Setelah adonan Sate Aci nya tadi matang, terus di potong-potong, di bakar kayak Sate pada umumnya. Waktu di bakar itu di kasih minyak yang dipakai buat goreng bumbunya tadi biar sedep,” katanya pada Sabtu (16/9/2023) di Depan MTS Darul Ulum, Purwogondo, Kecamatan Kalinyamat, Kabupaten Jepara.

Ia bercerita bahwa ia berjualan Sate Aci karena dulu pernah ikut kakaknya berjualan menu yang sama. Kemudian setelah kakaknya meminta agar ia mulai merintis usaha sendiri, baru ia mulai berjualan Sate Aci.

“Jadi resepnya ya semua dikasih dari kakak, bagaimana cara buatnya belajarnya sama kaka saya,” katanya.

Harga dari Sate Aci yang ia jual juga sangat murah. Hanya Rp 500 per tusuk. Sehingga menurutnya sangat menjangkau semua kalangan.

Baca Juga: Kena Merger, 33 Sekolah di Jepara yang Menginduk Belum Bisa Terima BOS

Dalam sehari ia bercerita mampu menghabiskan 600 tusuk sate yang dijual mulai dari Pukul 15.00 – 21.00 WIB.

“Harganya sangat murah, cuma Rp500 per tusuk. Sehingga sangat cocok buat kalangan bawah maupun menengahmenengah,” katanya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER