31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Dinperkim Demak: “Rumah Apung Solusi Adaptif Masyarakat Terdampak Rob”

BETANEWS.ID, DEMAK – Dinas Perumahan dan Wilayah Permukiman (Dinperkim) Demak, menilai rumah apung menjadi solusi adaptif menjawab permasalahan masyarakat terdampak rob.

Plt Kepala Dinperkim Demak, Amir Mahmud, mengatakan rumah apung menjadi salah satu opsi masyarakat terdampak rob mendapatkan tempat tinggal yang layak. Mengingat, banyaknya warga pesisir yang bermatapencaharian sebagai nelayan mengandalkan laut sebagai sumber kehidupan.

Baca Juga: Elevasi Rendah, Air Bendung Gerak Kalijajar Difokuskan untuk PDAM

“Rata-rata mereka tidak mau jauh dari tempat kerja. Solusinya apa, ya pendekatan dengan pembangunan adaptif bencana. Dibangun rumah di lokasinya tapi tahan terhadap bencana, ini dasar pemikiran rumah apung, ” katanya Senin (25/9/2023).

Meskipun begitu, pihaknya masih melakukan pengkajian mengenai hal itu. Sementara ini pihaknya sedang melakukan uji coba di Dukuh Timbulsloko, Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

“Itu pun kami belum berani membuat secara masal beberapa unit. Kami terlebih dahulu membuat prototype dan itu perlu melibatkan kajian akademik, ” paparnya.

Adapun rumah apung yang dimaksud, berupa pemberian material rumah senilai Rp50 juta, diantaranya tong blung, papan kayu, asbes, pralon, dan lain-lain.

Baca Juga: Bupati Demak Terjun Langsung Kirim Bantuan Air Bersih ke Desa Terdampak Kekeringan

Mengenai jumlah yang disalurkan, pihaknya masih melakukan pendataan mengenai hal itu. Termasuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terdampak rob mengenai solusi terbaik yang mereka diinginkan.

“Rencananya yang prototype itu jadinya tahun ini. Hasil itu akan didapatkan dari data empat kecamatan dan banyak yang mengusulkan dibuatkan rumah apung. Tidak kurang dari 179 orang kalau tidak salah,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER